Rabu, 11 Mei 2016

KHASIAT IKAN GABUS YANG SANGAT PENTING BUAT KESEHATAN TUBUH

Khasiat Ikan Gabus

Khasiat Penting Ikan Gabus
- Ikan Gabus yang sering kita lihat di air tawar ataupun dipasar – pasar ikan dan ditempat – tempat lainnya merupakan sumber protein yang sangat berguna dalam menjaga kesehatan tubuh kita.


Ikan gabus juga memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat karena banyak digunakan sebagai bahan pembuatan makanan seperti pempek ( makanan khas Palembang ) dan bisa juga dibuat ikan asin ataupun ikan asap.

Sehingga pada saat – saat lebaran ( hari raya umat islam ) ikan ini banyak diburu oleh masyarakat sehingga harga jualnya naik tajam.

Dalam menjaga kesehatan khasiat dari kandungan Gizi ikan gabus ini sangatlah bermanfaat untuk pertumbuhan balita, penyembuhan luka, dan bisa membantu dalam proses penyembuhan penyakit – penyakit lainnya, seperti infeksi paru.


Walaupun harganya tergolong mahal paling tidak kita bisa mengkonsumsinya satu kali dalam seminggu.

Nama Latin atau Ilmiah dari Ikan Gabus ini adalah Channa Striata.Ikan ini merupakan predator bagi ikan – ikan kecil lainnya, sehingga untuk pemeliharaanya harus dipisah dengan ikan – ikan lainnya.


Ikan Gabus Ini mendiami sungai – sungai danau dan rawa – rawa.Tingkat ketahanannya hidupnya sangatlah kuat , hanya dengan berdiam  didalam lumpur saja ikan ini bisa bertahan hidup.

Ciri – ciri dari pada ikan gabus ini memiliki ukuran kepala yang lebih besar dari pada tubuhnya, agak gepeng mirip ular, memiliki sisik – sisik besar dikepala ,tubuhnya bulat dan licin.


Tubuh bagian atas dari ikan ini berwarna hitam, coklat dan kehijau-hijauan, sisi samping dari pada ikan ini memiliki coret – coret tebal dan memiliki gigi yang besar serta gerak tubuhnya lincah dan cepat di dalam air.

Penyebaran ikan gabus ini sangat banyak kita jumpai di Sumatera, Kalimantan ataupun daerah Indonesia lainnya.Ikan Gabus ini juga banyak terdapat dinegara seperti Tiongkok bagian selatan, srilanka, Pakistan bagian barat serta diwilayah Asia Tenggara lainnya.


Kandungan dari pada Ikan Gabus ini adalah Protein, Kalori, Lemak, Besi, Kalsium, Fhospor, Vitamin A, Vitamin B dan Albumin. 


Albumin adalah sekelompok Protein yang larut dalam air atau garam yang banyak terdapat pada tumbuhan dan hewan, seperti ikan gabus.

Jadi Kandungan – kandungan yang ada didalam ikan gabus sangatlah berguna bagi tubuh kita, untuk itu konsumsilah secara rutin.



Khasiat  Penting dari ikan Gabus diantaranya sebagai berikut ini :



1.    Mempercepat Penyembuhan Luka


Kita Pasti Pernah mengalami luka, entah luka karena terjatuh, tergores ataupun luka bekas operasi.Dengan mengkonsumsi ikan gabus bisa mempercepat penyembuhan luka.

Hal ini karena kandungan albumin pada ikan gabus, albumin adalah salah satu jenis protein yang sangat penting dalam menyembuhkan luka.

Kandungan Albumin pada ikan gabus bisa membantu pembentukkan sel dan jaringan baru pada tubuh kita.


2.    Mendukung Pertumbuhan Balita


Albumin pada ikan Gabus bisa sangat bermanfaat untuk pertumbuhan balita.Kandungan gizi pada ikan gabus juga sangat bermanfaat untuk perkembangan otak dan membantu sistem kekebalan tubuh pada balita sehingga tidak mudah sakit.

Disamping itu juga mengkonsumsi ikan gabus bisa mengatasi masalah gizi buruk pada balita.


3.      Membantu Pertumbuhan Otot


Pertumbuhan otot kita didukung oleh protein yang kita konsumsi. Jadi dengan rutin mengkonsumsi ikan gabus maka tubuh kita sudah menyerap banyak protein yang berguna untuk pertumbuhan  dan pembentukkan otot.


4.    Meningkatkan Berat Badan


Bagi yang tubuhnya kurus bisa juga dengan mengkonsumsi ikan gabus.

Kandungan Lemak , Protein dan gizi – gizi lainnya sangat dibutuhkan bagi yang mengalami kekurangan berat badan dan juga ikan gabus ini jika kita mengkonsumsinya secara teratur bisa meningkatkan kadar hemoglobin darah.


5.    Dapat mengatasi berbagai penyakit - penyakit lainnya


Ternyata khasiat dari ikan gabus bukan hanya bermanfaat untuk pertumbuhan balita, penyembuhan luka, tetapi juga bisa membantu dalam proses pengobatan pada penyakit seperti Diabetes, Typhus, infeksi paru, dan hepatitis.

Ternyata Ikan gabus yang nama latinnya Channa Striata ini banyak manfaatnya untuk kesehatan kita.


Sangatlah rugi kalau kita malas mengkonsumsinya kerena kandungan gizi yang didalam ikan gabus sangatlah bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita.

Demikianlah Artike ini dibuat semoga bermanfaat dan semoga juga bisa menjadi tambahan ilmu pengetahuan buat kita semua.Lebih dan kurang saya mohon maaf.

0 komentar

Posting Komentar