Selasa, 10 Mei 2016

TANAMAN ALANG – ALANG YANG AMPUH MENGATASI BERBAGAI PENYAKIT


Manfaat Tanaman Alang - AlangManfaat Tanaman Alang – Alang – Tanaman ilalang atau sering disebut juga dengan alang – alang ini ternyata memiliki khasiat yang berguna untuk menjaga kesehatan kita dan bisa juga mengobati berbagai penyakit. 

Sungguh tidak disangka bahwa tanaman yang sering tumbuh di halaman rumah ataupun kebun kita ini memang tidak sia – sia dicftakan Oleh Sang Maha Kuasa.

Kegunaan dari tanaman ilalang atau alang –alang ini akarnya bisa kita  manfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit diantaranya Mengobati tekanan darah tinggi, Mengobati keputihan, Mengobati Asma, mengobati Mimisan dan lainnya seperti yang saya uraikan dibawah nanti.

Disamping itu juga daun ilalang atau alang – alang ini bisa dimanfaatkan oleh petani untuk membuat atap pondok.Tanaman alang – alang ini sangat berguna untuk melindungi lahan tebuka yang mudah tererosi oleh air.

Hal itu dikarenakan kecepatan tumbuh dan akar ilalang yang berguna untuk perlindungan lahan terbuka. 

Bunga dari tanaman ilalang yang berwarna putih ini bisa juga dimanfaatkan sebagai penganti kapuk untuk mengisi bantal tidur.

Sebelum kita membahas tentang berbagai manfaat tanaman alang – alang ini, sebagai tambahan ilmu pengetahuan buat kita semua maka kita akan membahas terlebih dahulu mengenai nama latin dan ciri – ciri dari tanaman ilalang tersebut. 


Nama Latin atau nama ilmiah dari Ilalang atau alang – alang ini adalah Imperata Cylindrica. 

Ciri – ciri dari tanaman ilalang berdaun hijau memanjang, daunnya agak tajam, memiliki akar yang berwarna putih,menjalar dan memiliki bunga yang halus berwarna putih. 

Tanaman alang – alang ini sangat cepat pertumbuhannya dilahan yang terbuka dan terkena langsung dengan sinar matahari.

Kandungan dari tanaman ilalang ataupun alang – alang ini diantaranya adalah mengandung polifenol, taninin, alkali, saponin, glukosa, manitol, asam sitrat, asam malic,simiarenol,coixol, fernerol,anemonin esin dan lain – lain.

Kandungan tersebut terdapat didalam akar , batang dan bunga yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional.

Berbagai Manfaat dari tanaman ilalang yang berguna untuk mengatasi berbagai penyakit diantaranya sebagai berikut :



1.    Mengobati Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi


Timbunan lemak dan kolesterol jahat yang menghambat aliran darah adalah salah satu penyebab tekanan darah tinggi.

Hal itu bisa kita atasi dengan ramuan tradisional dari akar alang – alang.

Caranya Siapkan 200 gr akar alang – alang ditambah dengan tangkue ( manisan yang dibuat dari labu putih ) direbus dengan 2 gelas air putih sampai menjadi 1 gelas air lalu diminum 2 kali sehari.


2.    Mengobati Keputihan


Keputihan yang sering dialami oleh para wanita bisa kita atasi dengan ramuan tradisional dari akar alang – alang.Siapkan akar alang –alang lalu ditambah dengan pulasari dan daun papaya.

Lalu direbus setelah mendidih di dinginkan lalu diminum pada saat pagi dan pada malam hari.


3.    Mengobati Asma


Penyakit asma merupakan penyakit yang menjengkelkan karena pada saat penyakit asma ini kumat, sangat mengganggu sekali pernapasan kita.tapi jangan khawatir dengan khasiat alami akar alang – alang ini bisa membantu dalam mengatasi penyakit asma.

Caranya siapakan akar alang – alang sekitar 100 gr, 50 gr kencur, 50 gr daun sirih, seduh dengan air sejumlah 200 ml.Lalu direbus sampai mendidih setelah airnya tinggal setengah maka airnya diminum 2 kali sehari, pagi dan sore hari.


4.    Mengobati Mimisan


Darah yang keluar dari lubang hidung atau yang sering mimisan bisa diatasi dengan ramuan tradisional akar  alang –alang.

Caranya adalah siapkan 200 gr akar alang – alang lalu direbus dengan 6 gelas air putih setelah tersisa menjadi 2 gelas air  maka disaring dan di dinginkan lalu diminum  3 kali sehari.


5.    Melancarkan Buang Air Kecil


Buang air kecil yang tidak lancar sangat membuat kita tersiksa karena rasa sakit akibat air seni yang susah keluar tersebut.Hal ini bisa kita atasi dengan khasiat alami dari akar alang – alang.

Caranya dengan menyediakan akar alang – alang secukupnya lalu ditambah dengan gula batu lalu diminum secara teratur 3 kali sehari.


6.     Mengatasi Kencing Batu


Penyakit Kencing Batu disebabkan karena endapan kalsium yang bercampur dengan oksalat atau phosphate yang berada didalam kandung kemih.

Sehingga menghambat pengeluran air seni kita.Manfaat alami dari akar alang – alang bisa berguna untuk mengatasi Kencing batu ini dengan cara merebus akar alang –alang yang dicampur dengan daun kumis kucing dan meniran.

Bisa juga diminum 2 atau 3 kali sehari.


7.    Mengobati Mengobati Diare


Khasiat lainnya dari Tanaman alang – alang adalah untuk mengatasi diare.Caranya Siapkan 250 gr akar alang – alang diseduh dengan air sebanyak 2 gelas menjadi satu gelas setelah mendidih lalu disaring dan divdinginkan lalu diminum setelah buang air besar.

Jadi Tanaman ilalang atau alang – alang ini sangatlah berguna bagi kesehatan tubuh kita seperti yang saya uraikan diatas.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga mengandung banyak manfaat bagi kita semua.Amin

0 komentar

Posting Komentar