Sabtu, 20 Februari 2016

Khasiat Buah Sawo Yang belum Banyak diketahui serta penjelasanya

Khasiat Buah Sawo -Buah sawo yang banyak kita temui dipekarangan rumah ternyata memiliki segudang Khasiat ampuh yang baik dan berguna untuk kesehatan tubuh kita.

Ternyata tanaman ini tidak sia – sia diciptakan oleh Yang Maha Kuasa, karena sangat baik untuk mengatasi sembelit dan mengatasi penyakit – penyaki lainnya.

Kali ini kita akan membahas banyak tentang manfaat dari buah berwarna coklat ini dan penjelasan penting tentang tanaman tersebut.

Untuk itu saya ulas terlebih dahulu sedikit tentang penyebaran buah sawo dan jenis – jenis buah sawo guna untuk menambah wawasan kita lalu pada bagian terakhir baru saya ulas tentang manfaat atau khasiat buah sawo.

Penyebaran buah sawo ini diperkirakan berasal dari Amerika seperti Guetamala, meksiko, Asia Tenggara dan Indonesia khususnya pulau Jawa.

Tumbuhan ini mudah berkembang dengan baik didaerah dataran  rendah, dengan daun yang keci- kecil serta batang yang kuat dan kokoh.

Ternyata tanaman sawo ini memiliki jenis – jenis yang berbeda,seperti yang tercantum dibawah ini :

1.    Sawo Jenis Manila Kulon

Sawo jenis Manila Kulon ini memiliki ciri – ciri buah yang agak lonjong,bijinya banyak dan rata – rata awet untuk disimpan dalam jangka waktu lama.

2.    Sawo Jenis Duren

Buah sawo yang satu ini aromanya seperti aroma duren, yang memiliki ciri –ciri bulat ,kulit yang halus serta licin dan yang pasti kalau kita memakannya seperti memakan sawo rasa duren.

3.    Sawo jenis Apel

Jenis Sawo ini sperti buah apel dengan ciri – ciri bentuknya bulat, kecil,memiliki kulit yang tebal bijinya banyak.

4.    Sawo Jenis Manila Karat

Sawo ini memiliki cirri – cirri yang berbeda yaitu buah berbentuk lonjong,ukuranya besar,memiliki kulit tebal, kulitnya agak kasar dan memiliki bintik- bintik kecil dipermukaan kulitnya.

5.    Sawo Jenis Malaysia

Sawo jenis ini memiliki cirri – ciri buah yang lonjong sangat manis dan berukuran besar.

6.    Sawo jenis Betawi

Sawo jenis Betawi ini memiliki ciri – ciri lonjong ,getahnya agak kurang,dan kurang awet jika disimpan dalam waktu lama.

Setelah saya uraikan sedikit tentang asal usul  dan jenis – jenis dari tanaman sawo ini, maka saya akan lanjutkan pada Manfaat atau Khasiat dari buah sawo.


Manfaat atau Khasiat Buah Sawo Untuk Kesehatan:


1.    Menjaga Kesehatan Mata


Kesehatan mata perlu kita jaga, salah satu cara menjaga kesehatan mata yaitu dengan mengkonsumsi buah sawo secara rutin. Kandungan Vitamin A pada buah Sawo lah yang berfungsi menjaga kesehatan mata kita.


2.    Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan Vitamin E pada buah sawo sangat ampuh untuk menjaga kesehatan kulit kita.Vitamin E pada buah sawo bisa membuat kulit kita tetap lembab dan memperlambat proses penuaan pada kulit.


3.    Mencegah Kanker Usus


Serat yang terkandung didalam buah sawo sangat bermanfaat untuk pencernaan didalam usus kita.Karena serat buah sawo ini mampu untuk mengatasi sembelit dan bertindak sebagai pencegahan serangan kanker didalam usus kita.


4.    Mengobati diare dan Wasir


Buah sawo kok bisa yach mengobati diare dan wasir..? hal itu dikarenakan didalam buah sawo terdapat kandungan  Senyawa yang bernama Tanin yang cukup tinggi, mengandung antioksidan, dan senyawa polifenolik.Senyawa – senyawa tersebutlah yang berfungsi dalam penyembuhan diare dan wasir.


5.    Mencegah Infeksi


Manfaat lainya dari buah sawo ini adalah bisa mencegah infeksi.Hal itu dikarenakan kandungan Vitamin C dan Vitamin A yang ada di dalam buah sawo memberikan epek perlawanan terhadap serangan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita.


6.    Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Buah sawo juga bisa bermanfaat untuk ibu hamil diantaranya untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Mengurangi rasa mual dan muntah selama kehamilan.Itu semua berkat kandungan Vitamin C dan Vitamin B yang sangat efektif dalam mengatasi hal – hal yang sudah disebutkan diatas. 

 
Jangan Lupa baca juga Khasiat Ampuh Buah Naga Dan Penjelasanya

Jadi buah sawo ini tidak lah sia – sia diciftakan oleh Yang Maha Kuasa,karena buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita terutama buat ibu hamil.Jadi saran saya rajin – rajin lah mengkonsumsi buah sawo ini sehingga bisa mencegah Infeksi, mengobati diare, wasir, mencegah penyakit kanker usus, menjaga kesehatan kulit dan kesehatan mata.

Sekian dulu info pengetahuan tentang tanaman atau tumbuhan sawo ini, mungkin masih banyak khasit lainnya yang belum saya ketahui, untuk itu saya mohon masukkannya dan semoga artikel ini menjadi bermanfaat.Amin

 


2 komentar:

  1. Coba sawo banyaknya seperti pepaya atau pisang, enak dah makan banyak-banyak gampang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,,betul juga....kenapa tidak seperti itu yach.

      Hapus