Selasa, 15 Januari 2019

Cara Mengatasi Monitor Komputer Blank, Yang Tampil Hanya Tanda Garis Atau Cuma Tampil Tulisan

Saya punya pengalaman mengatasi monitor computer blank dan yang tampil dimonitor Cuma tanda garis ( - ) serta di layar monitor cuma tampil tulisan dalam bahasa Inggris.

Seharusnya ketika computer dinyalakan atau dihidupkan maka yang tampil adalah tampilan windows berserta menu – menunya.

Cara Mengatasi Monitor Komputer Blank, Yang Tampil Hanya Tanda Garis Atau Cuma Tampil Tulisan



Namun kali ini berbeda, Komputer tidak langsung menampilkan tampilan windows, tapi di layar computer menampilkan tanda min ( -  ) atau tulisan dalam bahasa Asing di layar computer.

Soal apa penyebabnya saya tidak tahu dengan pasti, dugaan sementara penyebabnya adalah : 

- Komputer Sudah Uzur alias Tua
- Komputer Jarang dibersihkan dan Banyak Debu yang menempel
- Data di Komputer sudah Penuh Dengan Aplikasi

Untuk mengatasi Monitor Komputer Blank, Yang Tampil Hanya Tanda Garis Atau Cuma Tampil Tulisan, selama ini saya menggunakan 2 Cara :

1. Cabut kabel eSata ( Eksternal Sata )

Saya tidak tahu logikanya atau hubungannya apa antara monitor computer blank dengan kabel Esata.

Yang jelas saya pernah cabut dan pasang lagi untuk mengatasi monitor computer blank.

Hasilnya tampilan di monitor kembali normal, windowsnya muncul.

Tapi ini sementara , karena sewaktu waktu computer masih blank dan menggunakan cara cabut pasang kabel Esata ini tidak saya pakai lagi.Karena capek buka tutup bodi CPU.


2. Cabut Pasang Ram Komputer

Cara yang saya pakai kedua untuk mengatasi layar computer blank adalah dengan membersihkan RAM CPU.

Cara ini saya pakai karena computer saya penuh dengan debu dan hasilnya cukup membantu untuk meningkatkan perporma computer sehingga membuat layar computer bisa memunculkan tampilan windows.

Untuk pembersihan ini saya menggunakan tisu dan penghapus karet, tujuannya adalah Agar tidak membuat memori / RAM menjadi lecet.

3. Cabut Kabel / USB Mouse

Terakhir kali hingga sekarang saya lebih memilih menggunakan trik cabut pasang kabel USB mouse.

Trik ini cukup mudah dalam mengatasi layar computer blank, kita tinggal cabut dahulu kabel mouse,lalu kita hidupkan computer, setelah itu computer akan menyala.

Jika ada tulisan dalam bahasa Inggris, yang saya lakukan adalah memencet tombol’enter  di keyboard sampai tulisan tersebut hilang.

Maka layar computer akan menampilkan windows. Setelah itu saya pasang kembali mouse.

Demikianlah Cara Mengatasi Monitor Komputer Blank, Yang Tampil Hanya Tanda Garis Atau Cuma Tampil Tulisan, ini dibuat semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar