Senin, 23 Mei 2016

Manfaat Penting Tanaman Pasak Bumi Untuk Kesehatan


Manfaat Penting Tanaman Pasak Bumi Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Pasak Bumi

Tanaman Pasak Bumi – Pasak bumi adalah salah satu tanaman yang tumbuh liar didalam hutan.Tanaman ini memiliki akar yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Manfaat atau khasiat yang bisa diambil dari pasak bumi ini adalah sebagai obat anti malaria, bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, sebagai anti leukemia.

Disamping itu juga akar pasak bumi bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan gairah dan vitalitas pada pria.

Nama latin dari tanaman pasak bumi ini adalah Eurycoma longifolia, di Indonesia penyebaran tanaman pasak bumi banyak terdapat di pedalaman Kalimantan, dan oleh masyarakat sering digunakan sebagai obat.


Ciri – ciri dari tanaman pasak bumi ini adalah sebagai berikut :

1.    Tergolong sebagai tanaman monokotil, tidak memiliki cabang tetapi beberapa diantarannya ditemukan memiliki cabang sekitar satu atau dua cabang.

2.    Jika pertumbuhannya maksimal maka tinggi tanaman pasak bumi ini sekitar 6 m, tetapi rata – rata memiliki tinggi 4 m.

3.    Memiliki batang berwarna coklat , agak licin, dengan diameter kurang lebih 15 cm

4.    Memiliki daun yang majemuk , menyirip, jumlahnya ganjil,

5.    Memiliki buah, tetapi  untuk jenis jantan kebanyakkan akan gugur disaat masih muda, sedangkan untuk jenis betina buahnya bisa lebat dan tidak rentan gugur dan berbuah lebat.


Kandungan Tanaman Pasak Bumi :

1.    Mengandung senyawa etanol, yang berperan sebagai afrodisiak

2.    Mengandung senyawa canthin, yang berperan sebagai penghambat pertumbuhan sel – sel kanker

3.    Mengandung senyawa turunan eurycomanone, yang berperan sebagai obat anti malaria

4.    Mengandung senyawa quasinoid, yang berperan penting sebagai anti leukemia


Manfaat Tanaman Pasak Bumi :


1.    Meningkatkan Jumlah Hormon Testosteron


Pasak bumi mengandung ekstrak yang sering disebut dengan ethanolic.Ethanolic sangat berperan dalam meningkatkan jumlah hormon testosterone pada Pria. Serta memiliki senyawa yang bernama strichnin dan bursin yang sangat berguna dalam mendongkrak gairah dan vitalitas pada pria.


2.    Mencegah Penyakit Kanker

Salah satu cara untuk mencegah penyakit kanker adalah dengan tanaman pasak bumi.Hal ini dikarenakan tanaman pasak bumi mengandung senyawa yang bernama Alkoloid dan kuasinoid yang bisa membunuh bibit- bibit kanker.


3.    Sebagai Obat Malaria


Salah satu obat  alternative yang bisa mengatasi malaria adalah tanaman pasak bumi ini.Kandungan senyawa erikuimanon adalah salah satu senyawa yang bisa membasmi penyakit malaria.Disamping itu juga senyawa yang bernama kuasinoid bisa melumpuhkan plasmodium falcifarum bakteri penyebab penyakit malaria.


4.     Meningkatkan Kekebalan Tubuh pada Penderita HIV


Virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh pada penderitanya.Berdasarkan penelitian tanaman pasak bumi memiliki khasiat atau manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada penderita HIV.


5.    Meningkatkan Sirkulasi Darah


Kandungan pada tanaman pasak bumi yang bernama alkaloid, saponin, tanin juga bisa meningkatkan sirkulasi darah , terutama sirkulasi darah pada daerah alat kelamin pria.


6.    Mengobati sakit perut


Khasiat lainnya dari tanaman pasak bumi ini, terutama daunnya sering dimanfaatkan  sebagai alternative obat sakit perut.


7.    Mengobati disentri


Kandungan senyawa dari tanaman pasak bumi ini juga bisa mengatasi disentri, bagian yang sering digunakan sebagai obat adalah buah dan bungnya.


8.    Mengobati Demam


Akar tanaman pasak bumi ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi demam, penyembuh luka pada gusi, dan mengobati nyeri pada tulang.

Tanaman pasak bumi ini ternyata bukanlah sembarang tanaman liar yang tidak memiliki manfaat atau kegunaan.

Beberapa manfaat atau khasiat dari tanaman pasak bumi untuk kesehatan tubuh kita sudah saya uraikan diatas dan mungkin masih banyak lagi manfaat lainnya.

Demikianlah manfaat dari tanaman pasak bumi ini semoga bisa menjadi sumber ilmu pengetahuan buat kita semua.

0 komentar

Posting Komentar