Selasa, 24 Mei 2016

10 Manfaat Buah Pepaya Yang Sangat Jitu Bagi Kesehatan Tubuh KIta



10 Manfaat Buah Pepaya Yang Sangat Jitu Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Buah Pepaya

Buah Pepaya – Siapa yang tak kenal dengan buah papaya, dari anak sekolah dasar sampai ke orang dewasa pasti sudah mengenal buah yang satu ini.

Buah yang rasanya manis dan enak dimakan ini sangatlah penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

Salah satu manfaat yang bisa kita ambil dari manfaat buah papaya ini adalah bisa menjadi salah satu sumber Vitamin C. 

Vitamin C adalah Vitamin yang sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga tidak mudah terkena penyakit.Buah ini sering dikonsumsi sebagai jus, disamping itu juga daun papaya atau pun bunga papaya juga sangat berguna dalam menjaga kesehatan tubuh kita.


Nama latin atau ilmiahnya tanaman papaya ini adalah Carica Papaya, memiliki ciri – ciri bentuk batang yang bulat, tidak bercabang, tetapi ada juga yang bercabang jika tunas atasnya kita patahkan, bagian dalamnya memiliki rongga,berwarna putih kekuningan.


Memiliki daunnya yang berbentuk menjari denga tangkai yang berbentuk pipa.

Memiliki buah yang berbentuk bulat dan panjang, ada yang berwarna kuning tetapi ada juga yang isi nya berwarna merah tergantung jenisnya dan memiliki Biji yang berwarna hitam.

Kandungan Tanaman Pepaya diantaranya mengandung : Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin E, Vitamin K, Asam folat, Magnesium, Betakaroten, Kalsium , Kalium



Manfaat Tanaman Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Kita :


1.    Menguatkan sistem imun tubuh


Salah satu penyebab tubuh mudah terserang penyakit , karena tubuh kurangnya asupan Vitamin terutama Vitamin C.

Kandungan Vitamin C yang ada pada buah papaya sangatlah berguna dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh.Sehingga bisa mengatasi berbagai penyakit seperti Flu, Infeksi ,dan meredakan demam.


2.    Sebagai Anti Inflamasi


Khasiat tanaman papaya bisa beguna sebagai anti inflamasi, sehingga bisa mengurangi pembengkakan atau peradangan pada tubuh dan juga bisa mengurangi rasa sakit akibat dari pembengkakan yang dialami oleh tubuh.


3.    Menjaga kesehatan Tulang


Tanaman papaya adalah salah satu sumber penghasil Kalsium, Vitamin K dan Vitamin A, walaupun tidak sebanyak yang ada pada tumbuhan atau hewan lainnya.

Khasiat dari kalsium, Vitamin K dan Vitamin A yang ada pada tanaman papaya sangatlah berguna dalam menjaga kesehatan tulang ,kesehatan mata dan kesehatan kulit kita.

Jadi jangan ragu agar selalu rutin dalam mengkonsumsi tanaman papaya ini.


4.    Menjaga Kesehatan Jantung


Kesehatan jantung memang harus kita bisa jaga dengan baik, karena jika jantung kita tidak sehat maka akan mengganggu akivitas kita sehari – hari.

Kandungan serat, Kalium dan Vitamin yang ada pada tanaman papaya bisa membantu tubuh dalam menjaga kesehatan jantung kita.

Kandungan enzim yang ada pada papaya bisa mencegah oksidasi kolesterol dan membantu dalam mencegah gejala penyakit jantung.


5.    Menyehatkan Saluran Pencernaan


Manfaat yang tidak diragukan lagi dari buah papaya ini adalah melancarkan proses buang air besar atau BAB.

Di dalam papaya memiliki kandungan yang bernama Papain yang merupakan enzim pencernaan  sehingga sangat baik dalam pencegahan sembelit.

kandungan serat papaya juga sangatlah baik dalam menyehatkan saluran pencernaan kita.


6.    Mempercepat Proses Penyembuhan Luka


Khasiat lain dari tanaman papaya ini  bisa  membantu dalam proses penyembuhan luka, bisa membantu dalam mengatasi infeksi dari kulit yang terbakar.

Berdasarkan Penelitian enzim proteolitik chymopapain dalam papaya bisa berfungsi sebagai salep kulit.


7.    Menjaga Kesehatan Kulit


Dalam menjaga kesehatan kulit daging buah pepaya yang berfermentasi bisa melarutkansel – sel kulit yang mati dan bisa mencerahkan serta bisa menyegarkan kulit.

Disamping itu juga kandungan Vitamin A yang ada pada tanaman pepaya bisa melembabkan kulit.

Jadi manfaat tanaman pepaya sangatlah baik untuk kesehatan kulit kita.


8.    Menangkal Radikal Bebas


Radikal bebas seperti asap kendaraan bermotor atau asap rokok sangatlah berdampak buruk buat kesehatan tubuh kita.

Nah epek negative dari radikal bebas ini bisa kita atasi dengan kandungan antioksidan yang ada pada tanaman pepaya ini.


9.    Menambah Nafsu Makan


Khasiat daun pepaya jika kita konsumsi secara teratur bisa menambah nafsu makan kita juga bisa mengatasi penyakit malaria dan bisa mengatasi flu.


10.     Menjaga Kesehatan Mata


Kandungan Vitamin A pada pepaya sangatlah berguna dalam menjaga kesehatan mata kita .

Disamping itu juga bisa mencegah dari penuaan dini , sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah, daun pepaya secara teratur.

Tanaman pepaya tidak diragukan lagi dalam menjaga kesehatan tubuh kita, kalau kita memiliki halaman rumah sangatlah baik jika kita menanam pepaya karena tanaman yang satu ini mudah sekali tumbuh.Jika belum berbuah daunnya bisa kita manfaatkan untuk sayuran.


Demikianlah artikel tentang tanaman pepaya ini dibuat semoga bisa bermanfaat buat kita semua.Amin

0 komentar

Posting Komentar