Jumat, 27 Mei 2016

Manfaat Kepiting Bagi Kesehatan Jika Kita Rajin Mengkonsumsinya



Manfaat Kepiting Untuk Kesehatan

Manfaat Kepiting

Kepiting  merupakan salah satu makanan yang sangat lezat, tidak heran jika banyak kita temui direstoran atau dirumah makan yang berkelas, harganya juga termasuk  relatif mahal.

Kepiting yang sering kita santap tersebut ternyata juga memiliki khasiat atau manfaat buat kesehatan tubuh kita diantaranya adalah membantu otak kita menjadi cerdas, membuat konsentrasi berpikir kita menjadi lebih baik, berguna dalam mencegah osteoporosis, menjaga kesehatan mata dan lainnya seperti yang saya uraikan dibawah. 

Kepiting oleh masyarakat mulai banyak dibudidayakan karena memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Kepiting merupakan hewan yang termasuk subfilum crustacea ordo Decapoda yang berarti berkaki sepuluh.Kepiting dibagi menjadi dua kelompok utama yaitu kepiting Brachyura dan Kepiting Anomura.


Kepiting Brachyura umumnya memiliki empat pasang kaki gerak yang berkembang dengan sangat baik sedangkan kepiting Anomura hanya memiliki tiga pasang kaki gerak yang berkembang dengan baik.

Kalau berdasarkan warnanya kepiting dibagi menjadi tiga bagian yaitu : kepiting dengan warna Merah, hijau dan Hitam.

Kandungan Penting Kepiting :


Kepiting selain menjadi makanan yang lezat juga mengandung : Protein, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, Fosfor, Zat besi, Vitamin A, Vitamin B1


Manfaat Kepiting Untuk Kesehatan Tubuh :


1.    Mencegah Osteoporosis

Manfaat dari mengkonsumsi kepiting adalah bisa mencegah osteoporosis karena kandungan protein fosfor dan kalsium yang tinggi.

Disamping itu juga kandungan kalsium yang ada pada kepiting bermanfaat sekali dalam pembentukan tulang ,gigi dan sangat berguna dalam mendukung proses pembekuan darah.


2.    Membantu Perkembangan Janin


Pada ibu hamil kepiting sangatlah bermanfaat karena kandungan protein dan Omega-3  yang ada pada kepiting sangatlah berguna dalam membantu perkembangan janin.


3.    Sebagai Sumber Zat Besi


Kepiting memiliki kandungan zat besi yang sangat penting dalam produksi hemoglobin, sel darah merah tersebut sangat berguna sekali dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh.



4.    Menjaga Kesehatan Mata


Kesehatan mata wajib kita jaga karena mata yang tidak sehat bisa menganggu dalam setiap aktivitas kita sehari-hari.Kepiting adalah salah satu sumber Vitamin A  dari sekian banyak  sumber Vitamin A  dari jenis hewan atau pun tumbuhan lainnya.


5.    Membuat Otak Jadi Cerdas


Kita semua pasti menginginkan otak yang cerdas, selain kecerdasaan itu didapat dari proses belajar, otak kita perlu dukungan dari nutrisi yang berguna untuk otak kita.

Salah satu nutrisi yang penting untuk otak adalah Omega-3, selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh omega – 3 juga berguna sekali dalam mendukung otak kita agar menjadi cerdas.


6.    Membantu Kesehatan Rambut


Manfaat kepiting lainnya adalah bisa membantu kesehatan rambut, hal ini dikarenakan kandungan mineral Zinc bisa mencegah rambut menjadi rontok dan Vitamin B12 bisa memelihara syaraf dan sel – sel kulit.


7.    Mengatasi Daya ingatan yang buruk


Kurangnya konsentrasi dan ingatan yang buruk bisa kita atasi dengan rutin mengkonsumsi kepiting.Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan Vitamin B1 sehingga menyebabkan konsentrasi kita dan ingatan menjadi buruk.


8.    Mengatasi Anemia


Kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan penyakit anemia, dengan mengkonsumsi kepiting maka bisa mencukupi kebutuhan Vitamin B12 , mineral Coopper dan mineral Zinc.Vitamin dan mineral tersebut sangat berperan penting dalam memproduksi sel – sel darah merah.


9.    Mempercepat Penyembuhan Luka


Kandungan kepiting yang berupa Protein, Vitamin B12, Mineral Zinc bisa membantu tubuh dalam proses penyembuhan luka.Bagi yang mengalami luka jangan malas untuk mengkonsumsi kepiting.


10.    Mencegah Penyakit Kanker


Manfaat lainny dari kepiting ini mampu mencegah penyakit kanker, hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam kepiting mampu membunuh bibit – bibit kanker.Disamping itu juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dari efek negative radikal bebas.


Kepiting memang betul – betul mengandung manfaat yang sangat baik buat kesehatan tubuh kita.Untuk Itu kita harus rutin dalam mengkonsumsi kepiting agar kesehatan tubuh kita bisa terjaga dengan baik.


Demikianlah artikel singkat ini dibuat semoga bisa menambah ilmu pengetahuan buat kita semua. Amin

0 komentar

Posting Komentar