Kamis, 26 Mei 2016

Khasiat Buah Sirsak Yang Sangat Penting Untuk Kesehatan



Khasiat Buah Sirsak Yang Sangat Penting Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak

Buah sirsak yang sering kita jumpai baik dipasar tradisional maupun pasar modern, bahkan dari hasil kebuh sendiri ternyata memiliki manfaat atau khasiat untuk kesehatan tubuh kita.

Buah yang banyak mengandung Vitamin C ini sangat berguna sekali untuk tubuh.Kandungan antioksidan yang ada didalam buah sirsak mampu melawan penyakit, termasuk menyembuhkan luka dan mencegah kerusakan pada kulit.Buah yang sering kita sebut sebagai nangka belanda ini enak sekali dibuat  jus.

Nama latin atau ilmiah dari tanaman sirsak ini adalah annona muricata, sering kita sebut sebagai nangka belanda, yang memiliki ciri – ciri daun menyirip, dengan panjang sekitar 7 cm, dengan aroma yang khas, memiliki tinggi batang sekitar 9 m, dengan bunga berwarna kuning,daging buah berwarna putih dengan biji berwarana hitam. 


Kandungan dari buah sirsak :


Buah sirsak banyak mengandung kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan seperti: serat, karbohidrat, kalium, Vitamin C, Kalsium , Air , lemak, Vitamin B1 , Vitamin B2


Manfaat Buah Sirsak  untuk kesehatan tubuh :


1.    Mengatasi Osteoporosis

Osteoporosis adalah keadaan dimana tulang mengalami penipisan atau kepadatan tulang menjadi berkurang. Sehingga mudah rapuhTapi jangan khawatir sebab buah sirsak adalah satu sumber fosfor dan kalsium yang bisa mengatasi Osteoporosis.

Jadi usahakan jangan malas mengkonsumsi buah ini secara rutin agar kita terhindar dari Osteoporosis.


2.    Sumber Anti Oksidan


Buah sirsak memiliki kandungan Vitamin C, kandungan tersebut sangat berguna sekali bagi tubuh dalam melawan bibit- bibit penyakit terutama flu, gusi berdarah dan mimisan.

Disamping itu juga Vitamin C bisa menjadi senjata tubuh dalam menghalau radikal bebas yang masuk kedalam tubuh.


3.    Sumber serat yang sangat berguna untuk tubuh


Kandungan serat pada buah sirsak sangat berguna dalam menjaga kesehatan pencernaan kita.Kandungan serat yang ada pada buah sirsak juga bisa menyerap kolesterol jahat dan meninggalkan kolesterol baik.

Jadi jika anda ingin menjaga kesehatan pencernaan jangan lupa mengkonsumsi buah yang satu ini.


4.    Dapat Mencegah Kanker


Buah sirsak juga bisa mencegah kanker loh… kandungan senyawa fitokimia yang bernama  annonaceous acetogennis ini sangatlah berguna dalam membasmi bibit- bibit kanker.

Beberapa jenis kanker yang bisa diatasi dengan buah sirsak ini adalah kanker prostat, kanker payudara, kanker usus besar.


5.    Dapat Mengatasi Sakit Kepala


Manfaat lainnya dari buah sirsak adalah dapat meredakan sakit kepala anda dan merupakan obat alami.

Kandungan Vitamin B2 yang ada pada buah sirsak bisa membantu dalam mengatasi sakit kepala.

Disamping itu juga kandungan Vitamin B2 yang ada pada buah sirsak sangat berguna juga dalam memproduksi energy yang ada pada makanan sehingga tubuh menjadi lebih segar dan bertenaga.


6.    Memelihara Kesehatan syaraf


Khasiat yang ada pada buah sirsak juga bisa berguna dalam memelihara kesehatan syaraf kita.Kandungan Vitamin B1 yang ada pada buah sirsaklah yang berperan penting dalam menjaga kesehatan syaraf tersebut.


7.    Mengatasi hipertensi


Selain rasanya yang enak dan lezat buah sirsak ini berguna juga dalam mengatasi hipertensi.Kandungan Kalium dan natrium yang ada pada buah sirsak sangatlah menguntungkan dalam mengatasi hipertensi.


8.    Mencegah Dehidrasi


Kandungan Air  yang banyak pada buah sirsak sangat berguna sekali dalam mengatasi dehidrasi.Untuk anda yang lebih banyak berkerja dilapangan sangatlah bermanfaat dalam mengkonsumsi buah ini apalagi dibuat jus.

Buah sirsak ini sangatlah banyak kandungan – kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya adalah Mencegah dehidrasi, mengatasi hipertensi, memelihara kesehatan syaraf, Mengatasi sakit kepala,mencegah penyakit kanker serta penyakit – penyakit lainnya.


Demikianlah artikel ini dibuat semoga bermanfaat dan bisa menjadi sumber ilmu pengetahuan buat kita semua.Amin 

1 komentar: