Sabtu, 23 April 2016

Manfaat Penting Buah Jambu Biji

Manfaat Penting Buah Jambu Biji

Manfaat Penting Buah Jambu Biji -  Buah Jambu biji atau juga yang sering disebut jambu batu atau jambu klutuk  ternyata memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh kita.

Buah yang banyak kita jumpai dipasar modern atau pasar tradisional ini memiliki daging buah berwarna putih atau pun merah.Pada artikel kali ini kita akan mengupas habis tentang apa – apa saja manfaat penting dari buah jambu biji ini, jadi saya harap anda membaca habis artikel ini.

Buah Jambu Biji ini memiliki nama latin Psidium Guajava, buah ini berasal dari Brasil yang disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. 

Salah satu manfaat penting dari jambu biji ini adalah membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap radikal bebas.

Buah jambu biji ini ternyata memiliki banyak jenis – jenisnya .Apa saja jenis – jenis dari jambu biji tersebut ,ayo simak jenis – jenisnya berikut ini :


a.    Jambu Biji Kristal Taiwan
b.    Jambu Biji Getas Merah
c.    Jambu Biji Australia
d.    Jambu Bangkok
e.    Dan Lain - lain

Buah Jambu biji ini banyak mengandung Vitamin C sebagai antiosidan, dan memiliki kandungan  lainnya seperti :
-    Asam pantotenat
-    Niasin
-    Vitamin B3, B6
-    Vitamin E dan K
-    Mineral magnesium
-    Vitamin A
-    Dll


Manfaat Penting Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan :


1.    Menjaga Kesehatan Mata


Menjaga kesehatan mata sangatlah penting, bisa dibayangkan kalau mata kita tidak sehat, pasti akan mempengaruhi aktivitas kita sehari hari – hari. 


Buah jambu biji bisa membantu dalam menjaga kesehatan mata kita loh..Kenapa bisa hal ini terjadi ? hal ini dikarenakan jambu biji mengandung Vitamin A, sama hal nya dengan Wortel.

Buah jambu biji bisa memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula dan gangguan penglihatan lainnya.


2.    Menyehatkan Tiroid


Khasiat Penting lainya adalah menyehatkan Tiroid, hal ini dikarenakan buah jambu biji mengandung zak tembaga, yang merupakan zak penting dalam mengatur metabolisme tiroid.


Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang sangat penting dalam mengatur hormon dan fungsi sistem organ lainnya.

Jadi dengan mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin bisa membuat Tiroid kita jadi sehat.


3.    Mengobati Sembelit


Kita semua pasti pernah mengalami sembelit sehingga susah dalam membuang sisa – sisa makanan didalam usus. 


Buah jambu bisa mengatasi sembelit dikarenakan kandungan serat didalam buah jambu biji.

Buah jambu biji berfungsi sebagai obat pencahar sehingga bisa mengatasi sembelit.

Serat yang terkandung didalam Buah jambu biji bisa berguna dalam melindungi membran mukosa usus ,sehingga bisa mengurangi efek buruk dari racun didalam usus besar.


4.    Menjaga Fungsi Syaraf Dan Otak


Kandungan Vitamin B3 dan Vitamin B6 di dalam buah jambu biji bisa menjaga Fungsi Syaraf dan Otak kita.


Vitamin B6 yang dikenal dengan nama pyridoxine di dalam jambu biji berguna untuk melancarkan aliran darah dan memberi nutrisi bagi Syaraf dan otak kita.


5.    Sumber Antioksidan Tubuh


Zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh sangatlah berbahaya karena bisa menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.


Kandungan Vitamin C di dalam jambu biji bisa menjadi antioksidan untuk tubuh kita. Buah jambu biji yang mengandung Vitamin C ini bisa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Vitamin C yang ada didalam buah jambu biji berguna dalam membentuk kolagen, kolagen ini berguna untuk menjaga integritas kulit, organ,tulang dan pembuluh darah.  


6.    Mengatasi Batuk Dan Demam


Khasiat penting lainnya dari jambu biji adalah bisa mengatasi Batuk dan Demam.


Caranya adalah dengan menjadikan jambu biji sebagai jus atau dengan rebusan daun jambu biji.

Kandungan Vitamin C Dan Zat besi didalam jambu biji bisa mencegah infeksi ,serangan virus ,menghambat aktivitas mikroba.


7.    Membuat Kulit Jadi Sehat


Ternyata Jambu biji ini juga bisa membuat kulit kita menjadi sehat, hal itu disebabkan karena kandungan Vitamin A, B, C , astringents dan kalium yang berfungsi menjaga kulit kita. 


Dengan Mengkonsumsinya secara rutin maka akan membuat kulit kita menjandi kencang dan tidak kendur. Disamping itu juga bisa sebagai pendetoks dan memperhambat proses penuaan.


8.    Mengatasi Hipertensi


Manfaat lainnya dari jambu biji adalah mengatasi hipertensi. 


Kandungan di dalam buah jambu biji yang berupa serat dan hipoglikrmik mampu dalam menurunkan tekanan darah dan bisa memicu kerja jantung menjadi lebih baik.


9.    Mencegah munculnya Diabetes


Buah Jambu biji memiliki manfaat lainnya yaitu mencegah diabetes. 


Tingginya kandungan serat dalam buah jambu biji bisa membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh, yang memungkinkan untuk menurunkan insulin dan glukosa dalam tubuh.

Sehingga dengan mengkonsumsi buah jambu biji bisa membantu dalam mencegah munculnya diabetes.


10.    Menjaga kesehatan Paru – Paru Dan Rongga Mulut


Manfaat Lainnya dari buah jambu biji adalah menjaga kesehatan paru – paru dan rongga mulut kita.


hal ini dikarenakan kandungan Vitamin A, flavonoid, seperti Betakaroten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. 

Senyawa –senyawa tersebut sangat penting dalam menjaga selaput lendir, melindungi paru – paru dan mencegah kanker rongga mulut.

Dengan membaca uraian diatas saya kira teman –teman semua sudah banyak mengerti tentang betapa pentingnya manfaat buah jambu biji ini untuk kesehatan tubuh kita. 


Jadi dengan rutin mengkonsumsinya maka banyak hal yang kita dapatkan manfaatnya diantaranya menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan tiroid, mengatasi sembelit, menjaga kesehatan syaraf dan otak , sebagai sumber antioksidan, dan lain – lain.

Demikianlah artikel ini saya buat mudah – mudahan bermanfaat buat kita semua.Semoga artikel ini bisa menambah wawasan atau ilmu pengetahuan kita semua.

0 komentar

Posting Komentar