Kamis, 17 Desember 2015

Khasiat Penting Buah Melon Dan Penjelasannya

Khasiat Penting Buah Melon  Dan Penjelasannya

Khasiat Penting Buah Melon.-Buah Melon yang penuh khasiat ini sangat banyak kita temui dipasar  tradisional atau pun dipasar modern.

Kali ini saya akan membahas tentang Khasiat penting buah melon serta penjelasan lainnya terhadap kesehatan tubuh kita.

Buah yang rasanya manis ini sangatlah baik untuk konsumsi oleh kita semua mulai dari anak kecil sampai orang dewasa dan saya sarankan agar kita rajin mengkonsumsi buah yang satu ini agar terhindar dari penyakit berbahaya.

Terlebih dahulu akan saya uraikan apa – apa saja yang akan kita bahas di artikel penting ini, yaitu penjelasan tentang nama buah melon,tentang asal usul buah melon dan yang terakhir tentang Khasiat Penting buah Melon.ok langsung saja ke topik  pembahasan artikel.


1. Penjelasan tentang Buah Melon

Melon atau bahasa latinnya Cucumis melo adalah buah yang termasuk dalam jenis labu-labuan .Ciri – ciri dari pada buah ini adalah kulitnya yang berwarna hijau dengan tekstur isinya berwarna putih ataupun kuning tergantung jenisnya dan rasanya lunak.

Tanaman melon ini termasuk tanaman semusim,merambat dengan daun berbentuk menjari serta batangngya tidak berkayu.


2. Asal usul Tanaman Melon

Buah Melon berasal dari daerah Mediterania yang berbatasan antara Asia Barat dengan Eropa Dan Afrika.

Kemudian Buah Melon ini menyebar luas ke daerah Timur tengah.Karena banyaknya orang – orang berpindah tempat dari satu Negara ke Negara lainnya maka buah melon ini menyebar luas ke seluruh Negara terutama Negara yang beriklim tropis ataupun subtropis, baik itu cina,jepang maupun Indonesia.

Ditanah air buah melon hadir diawali dengan adanya Impor Buah melon.Buah melon ditanah air  pada saat itu hanya dikonsumsi oleh kalangan terbatas saja.

Tetapi lambat laun kebutuhan terhadap buah melon bertambah sehinngga teciftanya budidaya tanaman melon diIndonesia.


3. Kandungan Buah Melon

Kandungan yang berada didalam buah melonlah yang sangat membantu kesehatan kita.Kandungan isi buah melon antara lain adalah Vitamin A, Vitamin B , Vitamin C ,kalsium,Fosfor, Karbohidrat,protein,lemak.Maka untuk itu tidak rugi buat kita untuk tetap rajin mengkonsumsi buah Melon tersebut.


4. Khasiat atau Manfaat dari Buah Melon Untuk Kesehatan Tubuh Kita


a. Sebagai Pereda Panas Dalam

Panas dalam sering dialami oleh banyak orang, nah dari itu dengan mengkonsumsi buah melon maka panas dalam kita bisa teratasi dengan baik. 

Mengapa buah melon bisa mengatasi panas dalam..? hal itu dikarenakan kadar air pada buah melon sangat lah banyak hingga mencapai 95 %.Dengan kadar yang tinggi itulah maka buah melon bisa berefek menyejukkan bagi tubuh kita.


b.Dapat menyembuhkan Penyakit Ginjal

Salah  Satu Penyebab penyakit ginjal adalah kurangnya konsumsi air oleh tubuh kita,Nah Buah melon kaya dengan kandungan air dan gula, sehingga kalau kita mengkonsumsinya sama saja halnya kita meminum air ,karena buah melon memiliki daya uretik yang sangat baik sehinnga bisa menyembuhkan penyakit ginjal.


c.Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan Buah Melon yang bernama senyawa kolagen lah yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.Kolagen adalah senyawa penting yang mempengaruhi integritas struktur sel disemua jaringan ikat seperti kulit.

Senyawa Kolagen yang berada didalam melon sangat penting untuk penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit kita.Dengan sering mengkonsumsi buah melon maka akan membuat kulit kita menjadi tidak kasar dan kering.


d.Melancarkan Buang Air Besar ( BAB )

Kekurangan serat dan air didalam tubuh bisa menyebabkan tubuh kita susah untuk buah air besar ( BAB ).

Kandungan Mineral dan Serat Didalam Buah Melon adalah solusinya.Dengan rajin mengkonsumsi buah melon maka diharapakan  bisa memperlancar proses buang air besar ( BAB ).


e.Sebagai Obat anti Sroke dan Jantung

Kandungan didalam buah melon ada yang namanya antikoagulan yang sering disebut adenosine.

Kandungan tersebut bisa menghentikan penggumpalan sel darah,sehingga menghindarkan kita dari penyakit stroke dan jantung.Jadi dengan rajin mengkonsumsi buah melon maka resiko terkena stroke dan jantung menjadi lebih kecil.


f. Sebagai Obat anti Kanker

Penyakit kanker sangat menakutkan kita semua,tetapi dengan khasiat buah melon maka, penyakit kanker tersebut bisa kita atasi.

Di dalam buah melon terdapat karotenoid yang tinggi, karatenoid ini berguna untuk membunuh bibit- bibit kanker yang bisa menyerang tubuh kita.

Demikianlah sekilas Info penting dari blog Khasiat Jitu tentang Manfaat dari buah melon, saya berharap artikel ini bisa membantu kita semua dalam mengatasi permasalahan terutama masalah kesehatan.dan saya berharap kita membiasakan mengkonsumsi buah melon , karena didalam buah melon terdapat berbagai macam manfaat dan kegunaannya bagi kesehatan tubuh kita.

Sehingga kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit  seperti saya sebutkan diatas.Sekian dan Terima Kasih.


2 komentar:

  1. Sayang sekali saya kurang menyukainya jika dimakan secara langsung, namun kini harus mulai sering-sering makan buah satu ini. Trims sudah berbagi

    BalasHapus
  2. mmm,,ngk apa2...terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini.

    BalasHapus