Sabtu, 21 Mei 2016

Rahasia Penting Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh



Rahasia Penting Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Salak

Manfaat  Buah Salak  – Buah yang kulitnya berwarna coklat ini sangatlah enak dimakan disamping itu juga memiliki manfaat penting buat kesehatan tubuh kita.

Manfaat yang bisa kita petik dari mengkonsumsi buah salak ini adalah bermanfaat untuk kesehatan mata, karena mengandung Vitamin A.

Tanaman Salak ini memiliki duri yang tajam dibagian pelepah batangnya dan oleh masyarakat sering disebut juga  snake pruit karena mirip dengan sisik ular.

Tanaman ini memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat karena memiliki nilai jual, sehingga banyak dibudidayakan oleh masyarakat.

Pemanfaatan buah salak bisa juga digunakan untuk membuat asinan sehingga mempunyai nilai tambah ekonomis buat masyarakat.

Nama Latin atau nama ilmiah tanaman salak ini adalah Salacca Zalacca.Ciri – ciri dari tanaman salak ini adalah sebagai berikut :


1.    Memiliki buah yang berbentuk bulat dengan ujung runcing, kulitnya bersisik, daging buah berwarna putih kekuningan, memiliki biji yang berwarna coklat atau kehitaman.

2.    Memiliki akar berbentuk serabut, daerah penyebaran akar tidak luas , mudah rusak jika terkena air, dan dangkal.

3.    Batang tanaman salak tertutup pelepah daun yang tersusun rapat.

4.    Daunnya panjang ,pangkal daun menyempit, bersegmen banyak dan tidak sama



Kandungan Nutrisi Pada Buah Salak :

Kandungan nutrisi pada buah salak terdiri dari : Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Zat Besi, Protein , Fosfor, Karbohidrat, Kalsium.



Manfaat Penting Buah salak Untuk Kesehatan tubuh Kita :


1.    Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata kita perlu kita jaga, salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan mengkonsumsi buah salak.Kandungan buah salak sangat berguna sekali dalam meningkatkan kesehatan mata kita.


2.    Mencegah Penyakit Kanker


Kandungan dari buah salak bisa mencegah penyakit kanker, hal ini dikarenakan kandungan kulit ari pada buah salak.


3.    Meningkatkan Sistem Imun Tubuh


Salah satu cara meningkatkan sistem imun tubuh adalah dengan mengkonsumsi buah salak.Kandungan Vitamin B pada buah salak bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.


4.    Mencegah Gusi Berdarah


Salah satu penyebab gusi berdarah adalah kekurangan Vitamin C. Dengan mengkonsumsi buah salak berarti sudah membantu tubuh dalam kekurangan Vitamin C, sehingga bisa mencegah gusi berdarah.


5.    Membantu Produksi Hemoglobin


Sel darah merah bisa kita bantu proses produksinya dengan cara mengkonsumsi  buah salak.Sel darah merah itu sendiri sangat penting peranannya dalam membawa okisgen keseluruh tubuh, sehingga tubuh tidak mudah lelah.


6.    Memperkuat Tulang Dan Gigi


Kandungan fosfor pada buah salak bisa membantu dalam memperkuat tulang dan gigi.Jadi sangat dianjurkan agar bisa rutin dalam mengkonsumsi buah ini dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.Karena kalau terlalu banyak dikhawatirkan bisa menyebabkan mencret.


7.    Membuat Tubuh Berenergi


Manfaat lainnya dari buah salak ini adalah sebagai sumber energy, walaupun kandungan karbohidratnya tidak terlalu banyak dibandingkan dengan beras atau ubi, tetapi lumayan juga bisa membuat tubuh lebih segar dan berenergi.


8.    Mencegah Osteoporosis


Kandungan Kalsium pada buah salak bisa menjadi sumber tambahan kalsium bagi tubuh selain dari makanan- makanan lainnya.Kalsium sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh salah satunya adalah untuk mencegah Osteoporosis.


9.    Melancarkan Pencernaan


Sisa Makanan yang kita makan jika terlalu lama mengendap didalam tubuh bisa menyebabkan sakit perut. Kandungan serat dan betakaroten pada buah salak sangat berguna dalam melancarkan pencernaan tubuh kita.


10.    Menjaga Kesehatan Jantung


Jantung memang perlu kita jaga kesehatannya , salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah salak.Kandungan Kalium pada buah salak sangat berguna dalam menjaga kesehatan jantung kita.

Buah Salak adalah salah satu dari sekian banyak jenis buah – buahan yang sangat banyak mengandung manfaat buat kesehatan tubuh kita.Untuk itu disarankan agar rutin mengkonsumsi buah ini.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga bisa menjadi ilmu pengetahuan buat kita.Salam Khasiatjitu.blogspot.com


2 komentar:

  1. Syukurlah salak memiliki banyak khasiat karena sudah terbiasa makan dari kecil. Trims sudah berbagi.

    BalasHapus
  2. mmm,,,dari Kota Penghasil salak yach,,hehe.Trima kasih sudah berkunjung.

    BalasHapus