Selasa, 11 Desember 2018

KISI KISI USBN SD/MI TAHUN 2019 : MATA PELAJARAN IPA CEK DI SINI

Terkait masalah USBN SD/MI TAHUN 2019, BSNP ( Badan Standar Nasional Pendidikan) merilis Kisi – Kisi USBN SD/MI sederajat Tahun 2019 yang di tetapkan melalui Surat Keputusan peraturan BSNP Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 tentang  kisi kisi USBN( Ujian Sekolah Berstandar Nasional ).

Fungsi Kisi – Kisi USBN SD/MI Tahun 2019 :

Berdasarkan Surat Keputusan peraturan BSNP tentang  kisi kisi USBN Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018, pasal 1 : Fungsi Kisi – Kisi USBN SD/MI Tahun 2019  adalah “ acuan dalam pengembangan dan perakitan soal USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku “ .



KISI KISI USBN SD/MI TAHUN 2019 : MATA PELAJARAN IPA CEK DI SINI

Dalam Pasal 2 peraturan BSNP tentang  kisi kisi USBN SD/MI Tahun 2019 Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 disebutkan :

Pengembangan dan perakitan butir soal berdasarkan Kisi-kisi USBN dan harus menghindari hal-hal berikut :

a) Kesalahan konsep keilmuan;

b) Isu negatif terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan
(SARA);

c) Isu sensitif, kontroversial, dan politis;

d) Muatan radikalisme, kekerasan, pornografi, dan asusila;

e) Muatan komersialisasi dan penyebutan nama dagang;

f) Isu yang terkait khilafiah dan/atau perbedaan pandangan mazhab,aliran, dan sekte keagamaan terutama pada mata pelajaran pendidikan agama; dan

g) Plagiarisme termasuk penggunaan soal yang pernah beredar atau
digunakan.

“ Menurut Bambang Suryadi Ketua BSNP, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaan ada pada jumlah peserta dan jadwal ujian.

“Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat”, ucapnya seraya menambahkan penerapan soal yang berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) “.Sumber : bsnp-indonesia.org

KISI KISI USBN SD/MI TAHUN 2019 KURIKULUM 2006-2013 : MATA PELAJARAN IPA DOWNLOAD DISINI

BACA JUGA :

KISI KISI UN DAN USBN TAHUN 2019 UNTUK SD SMP SMA SMK SEDERAJAT LENGKAP ADA DI SINI

Sebagai Tambahan Pengetahuan silakan baca info dibawah ini :

“ Kisi-kisi adalah suatu format atau matriks yang memuat kriteria tentang soal-soal yang diperlukan atau  yang hendak disusun. Kisi-kisi juga dapat diartikan test blue-print atau table of specification merupakan deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan.

Wujudnya adalah sebuah tabel yang memuat tentang perperincian materi dan tingkah laku beserta imbangan/proporsi yang dikehendaki oleh penilai. Tiap kotak di isi dengan bilangan yang menunjukkan jumlah soal.

Kisi-kisi adalah suatu format berupa matriks yang memuat informasi yang dijadikan pedoman untuk  menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes. Kisi-kisi berisi ruang lingkup dan isi materi yang akan diujikan. Tujuan penyusunan kisi-kisi adalah untuk menentukan ruang lingkup dan sebagai petunjuk dalam menulis soal.

-   Fungsi Kisi-Kisi :

Ada pun fungsi dari kisi-kisi antara lain:

1.  Panduan/pedoman dalam penulisan soal  yang hendak disusun
Pedoman penulisan soal meurupakan aspek tepenting ketika guru hendak memberikan soal kepada siswa, pedoman tersebut akan menjadi acuan bagi guru dalam penulisan soal sehingga akan memudahkan dalam pembuatan soal.

2.  Penulis soal akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes.
Tes merupakan bahan evaluasi guru terhadap keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran yang disampaikan, guru dalam mengevalusi peserta didik akan memberikan soal tes evaluasi yang bermacam-macam sesuai dengan tujuan pencapaian evalusi terhadap pembelajaran tertenu. Dalam pembuatan soal yang menggunakan kisi-kisi, penulis akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes.

3.  Penulis soal yang berbeda akan menghasilkan perangkat soal yang relatif sama, dari segi tingkat kedalamannyas segi cakupan materi yang ditanyakan.
Penulisan kisi-kisi berfungsi untuk menselaraskan perangkat soal, sehingga hal ini juga akan mempermudah dalam proses evaluasi.

-   Syarat Kisi-Kisi Soal

Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini:

1.   Kisi-kisi harus dapat mewakili isi silabus/kurikulum atau materi yang telah diajarkan  secara tepat dan proporsional.

2.   Komponen-komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami.

3.   Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya.

-   Manfaat Kisi-Kisi Soal :

Manfaat kisi-kisi yaitu sebagai pedoman dalam penulisan soal atau dalam merakit soal menjadi suatu tes. Manfaat lain dari kisi-kisi ialah untuk menjamin sampel soal yang baik, dalam arti mencakup semua pokok bahasan secara proporsional. Agar item-item atau butir-butir tes mencakup keseluruhan materi (pokok bahasan atau sub pokok bahasan) secara proporsional, maka sebelum menulis butir-butir tes terlebih dahulu kita harus membuat kisi-kisi sebagai pedoman. Sebuah kisi-kisi memuat jumlah butir yang harus dibuat untuk setiap bentuk soal dan setiap pokok bahasab serta untuk setiap aspek kemampuan yang hendak diukur. “ Sumber materikuliahpraktis.blogspot.com

“ Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merupakan lembaga mandiri, profesional, dan independen yang mengemban misi untuk mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan.

Tugas dan Kewenangan

BSNP bertugas membantu Menteri Pendidikan Nasional dan memiliki kewenangan untuk:

- Mengembangkan Standar Nasional Pendidikan

- Menyelenggarakan ujian nasional

- Memberikan rekomendasi kepada Pemerintah dan pemerintah daerah dalam penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan

- Merumuskan kriteria kelulusan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah

- Menilai kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan buku teks pelajaran
Standar yang dikembangkan oleh BSNP berlaku efektif dan mengikat semua satuan pendidikan secara nasional.

BSNP dipimpin oleh seorang ketua dan seorang sekretaris yang dipilih oleh dan dari anggota atas dasar suara terbanyak. Dalam menjalankan tugasnya, BSNP didukung oleh sebuah sekretariat yang secara ex-officio diketuai oleh pejabat Departemen Pedidikan Nasional (Depdiknas) yang ditunjuk oleh Mendiknas.

BSNP dapat menunjuk tim-tim ahli yang bersifat adhoc sesuai kebutuhan.

BSNP didukung dan berkoordinasi dengan Depdiknas dan departemen yang 
menangani urusan pemerintahan di bidang agama, dan dinas yang menangani pendidikan di provinsi/kabupaten/kota.” Sumber : bsnp-indonesia.org
Demikianlah Kisi – Kisi USBN SD/MI sederajat Tahun 2019 Mata Pelajaran IPA  ini dibuat, semoga bermanfaat.Salam Sukses.

0 komentar

Posting Komentar