Selasa, 04 Desember 2018

KISI KISI UN DAN USBN TAHUN 2019 UNTUK SD SMP SMA SMK SEDERAJAT LENGKAP ADA DI SINI

Isi Tulisan tentang KISI KISI UN dan USBN Tahun 2019 SD SMP SMA SMK Sederajat ini, terdiri dari :

A. APA ITU PENGERTIAN KISI KISI SOAL ?

B. APA ITU USBN ?


C. APA ITU BSNP ?


D. PERATURAN BSNP TENTANG KISI KISI UN DAN USBN TAHUN 2019 UNTUK SD SMP SMA SMK SEDERAJAT


E. LINK DOWNLOAD KISI KISI UN DAN USBN TAHUN 2019 UNTUK SD SMP SMA SMK SEDERAJAT



KISI KISI UN DAN USBN TAHUN 2019 UNTUK SD SMP SMA SMK SEDERAJAT LENGKAP


A. APA ITU KISI KISI SOAL ?


       a. Pengertian Kisi-Kisi Soal  

“ Kisi-kisi adalah suatu format atau matriks yang memuat kriteria tentang soal-soal yang diperlukan atau  yang hendak disusun. Kisi-kisi juga dapat diartikan test blue-print atau table of specification merupakan deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan. 

Wujudnya adalah sebuah tabel yang memuat tentang perperincian materi dan tingkah laku beserta imbangan/proporsi yang dikehendaki oleh penilai. Tiap kotak di isi dengan bilangan yang menunjukkan jumlah soal.

Kisi-kisi adalah suatu format berupa matriks yang memuat informasi yang dijadikan pedoman untuk  menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes. Kisi-kisi berisi ruang lingkup dan isi materi yang akan diujikan. Tujuan penyusunan kisi-kisi adalah untuk menentukan ruang lingkup dan sebagai petunjuk dalam menulis soal.


     b. Fungsi Kisi-Kisi :

Ada pun fungsi dari kisi-kisi antara lain:

1.  Panduan/pedoman dalam penulisan soal  yang hendak disusun
Pedoman penulisan soal meurupakan aspek tepenting ketika guru hendak memberikan soal kepada siswa, pedoman tersebut akan menjadi acuan bagi guru dalam penulisan soal sehingga akan memudahkan dalam pembuatan soal.

2.  Penulis soal akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes.

Tes merupakan bahan evaluasi guru terhadap keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran yang disampaikan, guru dalam mengevalusi peserta didik akan memberikan soal tes evaluasi yang bermacam-macam sesuai dengan tujuan pencapaian evalusi terhadap pembelajaran tertentu.

Dalam pembuatan soal yang menggunakan kisi-kisi, penulis akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes.

3.  Penulis soal yang berbeda akan menghasilkan perangkat soal yang relatif sama, dari segi tingkat kedalamannyas segi cakupan materi yang ditanyakan.
Penulisan kisi-kisi berfungsi untuk menselaraskan perangkat soal, sehingga hal ini juga akan mempermudah dalam proses evaluasi.


      c. Syarat Kisi-Kisi Soal 

Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini:

1.   Kisi-kisi harus dapat mewakili isi silabus/kurikulum atau materi yang telah diajarkan  secara tepat dan proporsional.

2.   Komponen-komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami.

3.   Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya.


    d. Manfaat Kisi-Kisi Soal :

Manfaat kisi-kisi yaitu sebagai pedoman dalam penulisan soal atau dalam merakit soal menjadi suatu tes. Manfaat lain dari kisi-kisi ialah untuk menjamin sampel soal yang baik, dalam arti mencakup semua pokok bahasan secara proporsional.

Agar item-item atau butir-butir tes mencakup keseluruhan materi (pokok bahasan atau sub pokok bahasan) secara proporsional, maka sebelum menulis butir-butir tes terlebih dahulu kita harus membuat kisi-kisi sebagai pedoman. Sebuah kisi-kisi memuat jumlah butir yang harus dibuat untuk setiap bentuk soal dan setiap pokok bahasab serta untuk setiap aspek kemampuan yang hendak diukur. “ Sumber : materikuliahpraktis.blogspot.com


B. Apa itu USBN ?

USBN adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional

“ Pemerintah sudah menyiapkan model pengganti Ujian Nasional (UN), yakni Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Ada dua terobosan yang membedakan secara siginifikan antara UN dan USBN.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, perbedaan pertama adalah dalam USBN akan ditambahkan materi soal berupa esai. Perbedaan kedua, materi pembuatan soal akan diserahkan kepada pemerintah provinsi untuk jenjang SMA/SMK, dan pemerintah kota/kabupaten untuk jenjang SMP.

Namun, pemerintah pusat akan menyisipkan beberapa pertanyaan, baik berupa pilihan ganda atau essai yang berfungsi sebagai indikator standar nasional. Selama ini, materi soal UN hanya berupa pilihan ganda dan dibuat sepenuhnya oleh pemerintah pusat.

"Soal esai ini untuk menggali kemampuan siswa agar berlatih berpikir kritis. Selama ini kan dalam UN tidak ada. Soal sisipan dari pemerintah pusat itu, tak akan berbeda-beda di setiap daerah. Wong namanya standar nasional, masa dibeda-beda," ujar Muhadjir usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 1 Desember 2016. “ sumber :www.pikiran-rakyat.com


C. Apa itu BSNP ?

" Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merupakan lembaga mandiri, profesional, dan independen yang mengemban misi untuk mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan.

Tugas dan Kewenangan : 

BSNP bertugas membantu Menteri Pendidikan Nasional dan memiliki kewenangan untuk:

- Mengembangkan Standar Nasional Pendidikan
- Menyelenggarakan ujian nasional
- Memberikan rekomendasi kepada Pemerintah dan pemerintah daerah                dalam penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan
- Merumuskan kriteria kelulusan pada satuan pendidikan jenjang                          pendidikan  dasar dan menengah
- Menilai kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan buku teks                  pelajaran

Standar yang dikembangkan oleh BSNP berlaku efektif dan mengikat semua satuan pendidikan secara nasional.

BSNP dipimpin oleh seorang ketua dan seorang sekretaris yang dipilih oleh dan dari anggota atas dasar suara terbanyak. Dalam menjalankan tugasnya, BSNP didukung oleh sebuah sekretariat yang secara ex-officio diketuai oleh pejabat Departemen Pedidikan Nasional (Depdiknas) yang ditunjuk oleh Mendiknas. 

BSNP dapat menunjuk tim-tim ahli yang bersifat adhoc sesuai kebutuhan.

BSNP didukung dan berkoordinasi dengan Depdiknas dan departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama, dan dinas yang menangani pendidikan di provinsi/kabupaten/kota. " Sumber : bsnp-indonesia.org


D. PERATURAN BSNP TENTANG KISI KISI UN dan USBN Tahun 2019 SD SMP SMA SMK Sederajat

- PERATURAN BSNP TENTANG KISI KISI UN Nomor     0296/SKEP/BSNP/XI/2018 

- PERATURAN BSNP TENTANG KISI KISI USBN Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 

" Hari  Selasa, 27 November 2018, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merilis Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Keputusan ini ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN. 

Fungsi Kisi-kisi tersebut adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal USBN maupun soal UN. Kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Menurut Bambang Suryadi Ketua BSNP, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaan ada pada jumlah peserta dan jadwal ujian.

“Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat”, ucapnya seraya menambahkan penerapan soal yang berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) “ Sumber : bsnp-indonesia.org



PERATURAN BSNP TENTANG KISI KISI UN Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 


“ BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
NOMOR: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018
TENTANG
KISI-KISI SOAL UJIAN NASIONAL
UNTUK JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Menimbang : bahwa dalam rangka penyelenggaraan Ujian Nasional,perlu menetapkan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah;Mengingat : 

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4301);

2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4496), sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang StandarNasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 45, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5670);

3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah.

MEMUTUSKAN

Menetapkan : KEPUTUSAN BADAN STANDAR NASIONAL TENTANG KISI-KISI SOAL UJIAN NASIONAL UNTUK JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

Pasal 1

Kisi-kisi Soal Ujian Nasional adalah acuan dalam pengembangan dan
perakitan soal Ujian Nasional yang disusun berdasarkan kriteria
pencapaian standar kompetensi lulusan, standar isi, dan kurikulum yang
berlaku.

Pasal 2

Kisi-kisi Soal Ujian Nasional disusun dengan mempertimbangkan lingkup
materi yang sama pada Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.

Pasal 3

Kisi-kisi Soal Ujian Nasional menggambarkan kedalaman dan keluasan
materi serta tingkat kognitif yang diukur.

Pasal 4

Pengembangan dan perakitan butir soal berdasarkan Kisi-kisi Soal
Ujian Nasional, dan harus menghindari hal-hal berikut:

a. kesalahan konsep keilmuan;
b. isu negatif terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan
(SARA);
c. isu sensitif, kontroversial, dan politis;
d. muatan radikalisme, kekerasan, pornografi, dan asusila;
e. muatan komersialisasi, dan atau merek dagang; dan
f. plagiarisme termasuk penggunaan soal yang pernah
beredar/digunakan.

Pasal 5

Kisi-kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan
Menengah tercantum dalam lampiran dan merupakan bagian yang tidak
terpisahkan dari Keputusan BSNP ini.

Pasal 6

Keputusan BSNP ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan sampai
dengan berakhirnya masa transisi Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013
atau apabila dipandang perlu untuk dilakukan perubahan.

Pasal 7

Hal-hal yang belum diatur dalam Keputusan BSNP ini akan diatur lebih
lanjut dalam keputusan BSNP.


Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 26 November 2018
Ketua
Bambang Suryadi, Ph.D.”

Sumber PERATURAN BSNP TENTANG KISI KISI UN dan USBN Tahun 2019 SD SMP SMA SMK Sederajat Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 berasal dari SITUS bsnp-indonesia.org , ASLINYA silakan Download DISINI.



PERATURAN BSNP TENTANG KISI KISI  USBN Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018


" KEPUTUSAN
BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
NOMOR: 0297/SKEP/BSNP/XI/2018
TENTANG
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Menimbang : Bahwa merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilain Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaain Hasil Belajar oleh Pemerintah perlu menetapkan Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2018/2019 sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian.

Mengingat : 

1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);

2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496) sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 45, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5670);

3. Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 124);

4. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Tahun 2010 Nomor 23, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5105) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Tahun 2010 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5157);

5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 14 Tahun 2007 tentang Standar Isi untuk Program Paket A, Program Paket B, dan Program Paket C;

6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 3 Tahun 2008 tentang Standar Proses Pendidikan Kesetaraan Program Paket A/Ula, Program Paket B/Wustha, dan Program Paket C;

7. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Keagamaan Kristen;

8. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam;

9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2012 tentang Badan Akreditasi Nasional;

10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 31 Tahun 2014 tentang Kerja Sama Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan oleh Lembaga Pendidikan Asing dengan Lembaga Pendidikan di Indonesia;

11. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Buddha;

12. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2013 tentang Sekolah Menengah Agama Katolik;

13. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Hindu;

14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 129 Tahun 2014 tentang Sekolah Rumah;

15. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;

16. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah;

17. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan;

18. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

MEMUTUSKAN

Menetapkan : KEPUTUSAN BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TENTANG KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Pasal 1

(1) Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) adalah acuan
dalam pengembangan dan perakitan soal USBN yang disusun
berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan,
Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

(2) Kisi-kisi USBN sebagaimana yang disebut pada ayat (1) memuat level
kognitif dan lingkup materi mata pelajaran pada jenjang dan jenis
pendidikan sebagai berikut.

UNTUK LIHAT KOLOMNYA DOWNLOAD LENGKAP DISINI

(3) Nama mata pelajaran keagamaan pada sekolah keagamaan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

(4) Kisi-kisi USBN untuk mata pelajaran terkait penghayat kepercayaan
kepada Tuhan YME disiapkan oleh organisasi penghayat
kepercayaan kepada Tuhan YME.

(5) Kisi-kisi mata pelajaran lintas peminatan menggunakan kisi-kisi
yang tersedia pada program peminatan.

(6) Kisi-kisi USBN sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum
dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari
Keputusan BSNP ini.

Pasal 2

Pengembangan dan perakitan butir soal berdasarkan Kisi-kisi USBN dan
harus menghindari hal-hal berikut:

a) kesalahan konsep keilmuan;
b) isu negatif terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan
(SARA);
c) isu sensitif, kontroversial, dan politis;
d) muatan radikalisme, kekerasan, pornografi, dan asusila;
e) muatan komersialisasi dan penyebutan nama dagang;
f) isu yang terkait khilafiah dan/atau perbedaan pandangan mazhab,
aliran, dan sekte keagamaan terutama pada mata pelajaran
pendidikan agama; dan
g) plagiarisme termasuk penggunaan soal yang pernah beredar atau
digunakan.

Pasal 3


Keputusan BSNP ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.
Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 26 November 2018
Ketua
Bambang Suryadi, Ph.D. "

Sumber PERATURAN BSNP TENTANG KISI KISI UN dan USBN Tahun 2019 SD SMP SMA SMK Sederajat Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 berasal dari Situs bsnp-indonesia.org , ASLINYA silakan Download DISINI.


E. LINK DOWNLOAD KISI KISI UN dan USBN Tahun 2019 SD SMP SMA SMK Sederajat


A. KISI KISI UN TAHUN 2019 SMP SMA SMK SEDERAJAT

- KISI – KISI UN SMP – MTS SEDERAJAT TAHUN 2019 : DOWNLOAD DISINI
- KISI – KISI UN SMA – MA SEDERAJAT TAHUN 2019 : DOWNLOAD DISINI
- KISI – KISI UN SMK – MAK SEDERAJAT TAHUN 2019 : DOWNLOAD DISINI


B. KISI KISI USBN TAHUN 2019 SD SMA SMK SEDERAJAT


a. KISI KISI USBN SD – MI TAHUN 2019  

        1. UNTUK KISI KISI USBN SD – MI TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA                    DOWNLOAD DISINI.    
                                   
        2. UNTUK KISI KISI USBN SD – MI TAHUN 2019 IPA DOWNLOAD DISINI                
        3. KISI KISI USBN SD – MI TAHUN 2019 MATEMATIKA DOWNLOAD                       DISINI
          
                 
b. KISI KISI USBN SMP – MTS TAHUN 2019  


   b.1.KISI KISI USBN SMP – MTS TAHUN 2019 KURIKULUM TAHUN 2013

1. KISI KISI USBN SMP – MTS TAHUN 2019 PPKN : DOWNLOAD DISINI

2. KISI KISI USBN SMP – MTS TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA : DOWNLOAD      DISINI

3. KISI KISI USBN SMP – MTS TAHUN 2019 BAHASA INGGRIS : DOWNLOAD 
    DISINI

4. KISI KISI USBN SMP – MTS TAHUN 2019 IPA : DOWNLOAD DISINI

5. KISI KISI USBN SMP – MTS TAHUN 2019 IPS  : DOWNLOAD DISINI

6. KISI KISI USBN SMP – MTS TAHUN 2019 MATEMATIKA : DOWNLOAD DISINI

7. KISI KISI USBN SMP – MTS TAHUN 2019 PENJAS, SENI BUDAYA / KETERAMPILAN : DOWNLOAD DISINI

  
 b.2KISI KISI USBN SMP –MTS TAHUN 2019 KURIKULUM TAHUN 2006

1. KISI KISI USBN SMP – MTS TAHUN 2019 PPKN : DOWNLOAD DISINI

2. KISI KISI USBN SMP – MTS TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA : DOWNLOAD      DISINI

3. KISI KISI USBN SMP – MTS TAHUN 2019 BAHASA INGGRIS : DOWNLOAD 
    DISINI

4. KISI KISI USBN SMP – MTS TAHUN 2019 IPA : DOWNLOAD DISINI

5. KISI KISI USBN SMP – MTS TAHUN 2019 IPS  : DOWNLOAD DISINI

6. KISI KISI USBN SMP – MTS TAHUN 2019 MATEMATIKA : DOWNLOAD DISINI


7. KISI KISI USBN SMP – MTS TAHUN 2019 PENJAS, SENI BUDAYA / KETERAMPILAN : DOWNLOAD DISINI


c. KISI KISI USBN SMA – MA TAHUN 2019 

    - KISI KISI USBN SMA – MA TAHUN 2019 KURIKULUM 2013                                DOWNLOAD DISINI

   - KISI KISI USBN SMA – MA TAHUN 2019 KURIKULUM 2006                               DOWNLOAD DISINI

d. KISI KISI USBN SMK – MAK  TAHUN 2019 : DOWNLOAD DI SINI

    - KISI KISI USBN SMK – MAK TAHUN 2019 KURIKULUM 2013                                DOWNLOAD DISINI


   - KISI KISI USBN SMK – MAK TAHUN 2019 KURIKULUM 2006                               DOWNLOAD DISINI


C. KISI KISI UN DAN USBN TAHUN 2019 PAKET A, PAKET B, PAKET C

1KISI KISI USBN PAKET A TAHUN 2019 KURIKULUM 2006-2013 DOWNLOAD 
    DISINI    

2KISI KISI USBN PAKET B TAHUN 2019 KURIKULUM 2006 DOWNLOAD 
    DISINI

3KISI KISI USBN PAKET C TAHUN 2019 KURIKULUM 2006 DOWNLOAD 
    DISINI

Demikianlah KISI KISI UN DAN USBN TAHUN 2019 UNTUK SD SMP SMA SMK SEDERAJAT  LENGKAP ini dibuat, semoga bermanfaat, jika ada kesalahan pada penulisan saya mohon maaf. Salam Sukses.

0 komentar

Posting Komentar