Selasa, 24 Mei 2016

Manfaat Utama Tanaman Seledri Untuk Kesehatan Anda



Manfaat Utama Tanaman Seledri Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Tanaman Seledri

Tanaman Seledri – Siapa yang tak kenal dengan tanaman yang sering dipanggil seledri ini, apalagi ibu – ibu rumah tangga pasti sudah tau seperti apa tanaman seledri ini.Tanaman seledri ini sering digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai tambahan bumbu masakan kita sehari – hari.

Tapi apakah kita semua tahu jika tanaman seledri ini memiliki khasiat atau manfaat untuk kesehatan tubuh kita ? nah untuk kali ini kita akan mengupas tentang manfaat tanaman seledri bagi kesehatan tubuh kita.

Salah satu manfaat penting dari tanaman seledri ini untuk kesehatan tubuh kita diantaranya bisa menurunkan tekanan darah dan menjaga agar ginjal kita tetap berfungsi dengan baik.Yuk simak terus pembahasan dibawah ini sampai habis.

Nama Latin dari Tanaman seledri ini adalah Apium graveolens,tanaman seledri ini memiliki aroma khas yang berasal dari kandungan minyak atsiri.


Tanaman seledri ini memiliki kandungan penting buat kesehatan tubuh kita diantaranya : Vitamin A, Zat Besi, Minyak atsiri, sumber antioksidan, mengandung asam folat, Vitamin C, Kalium, Mineral , Vitamin K


Manfaat Tanaman Seledri Bagi Kesehatan Tubuh Kita  :


Ada beberapa manfaat atau khasiat penting dari tanaman seledri untuk menjaga kesehatan tubuh kita diantaranya sebagai berikut ini :


1.    Membantu Dalam Proses Penyembuhan Luka


Kandungan Vitamin K yang ada pada seledri sangat penting dalam membantu tubuh agar proses penyembuhan luka agar bisa lebih cepat sembuh.

Sehingga pada penderita luka memar proses penyembuhan lebih cepat pulih.Disamping itu Vitamin K yang ada pada tanaman seledri sangat berperan penting dalam membantu tubuh memproses pengunaan kalsium oleh tubuh.

Sehingga tulang kita menjadi lebih kuat dan terhindar dari osteoporosis.


2.    Mengatasi Rasa Cepat Lelah


Kita pernah merasakan cepat lelah padahal sudah makan yang banyak, rasa lelah ini diakibatkan karena tubuh kekurangn zat besi.Salah satu sumber zat besi untuk tubuh adalah tanaman seledri.

Fungsi  dari zat besi untuk tubuh ini adalah salah satu elemen penting dalam proses pembentukan hemoglobin atau sel darah merah.Sel darah merah ini lalu berperan sebagai pembawa oksigen keseluruh tubuh kita.

Salah satu penyebab rasa lelah yang kita alami itu karena tubuh kita sedang kekurangan asupan oksigen.


3.    Meningkatkan sistem imun tubuh


Tanaman seledri mengandung vitamin c walau tidak sebanyak yang ada pada jenis tanaman atau buah – buahan lainnya.

Khasiat dari Vitamin c yang ada pada tanaman seledri ini bisa membangun dan meningkatkan sistem imun pada tubuh kita sehingga tubuh kita tidak mudah terserang penyakit.

Disamping itu juga sangat berguna untuk kesehatan Gusi kita.


4.    Berguna Untuk Kesehatan Mata


Kesehatan mata kita bisa kita jaga dengan cara mengkonsumi tanaman seledri yang dicampur pada masakan sehari – hari kita.

Khasiat lain yang terkandung didalam tanaman seledri ini adalah bisa membantu dalam menjaga kesehatan mata kita.Hal ini dikarenakan kandungan Vitamin A yang ada pada tanaman seledri berperan penting dalam proses menjaga kesehatan mata kita.

Disamping itu juga Vitamin A juga sangat berguna dalam menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit, berguna dalam menjaga kesehatan kulit kita.


5.    Menjaga Kesehatan Jantung


Kandungan yang ada pada tanaman seledri berguna dalam menjaga kesehatan jantung kita.

Kandung Kalium yang ada pada tanaman seledri bisa menjadi elektrolit dan mineral penting untuk menjaga keseimbangan asam basa dan menjaga jantung agar selalu sehat.

Selain itu juga Kalium berguna dalam proses pemecahan karbohidrat.Sangat disarankan agar kita rutin dalam mengunakan bumbu masakan yang satu ini agar kesehatan tubuh kita bisa terjaga dengan baik.


6.    Menjaga Kesehatan Tulang


Tanaman seledri merupakan salah satu sumber kalsium yang sangat berperang penting dalam pembentukan tulang.Kalsium ini merupakan salah satu mineral yang sangat penting dan paling banyak dibutuhkan oleh tubuh kita.

Tanaman seledri ini memang memiliki banyak khasiat atau manfaat terhadap kesehatan tubuh kita diantaranya seperti yang sudah disebutkan diatas.


Mungkin masih banyak khasiat – khasiat lainnya yang belum bisa saya tambahkan pada uraian diatas, untuk itu saya membutuhkan masukkan dan saran – saranya.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga bisa menjadi bahan ataupun ilmu pengetahuan buat kita semua.  

1 komentar: