Selasa, 17 Mei 2016

Manfaat Kunyit Yang Sangat Penting Bagi Kesehatan Tubuh



Manfaat Kunyit Yang Sangat Penting Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Kunyit

Tanaman Kunyit yang sering ditanam dipekarangan rumah ini memiliki manfaat penting untuk kesehatan tubuh kita.

Kunyit ini sering dimanfaatkan adalah umbinya yang sering digunakan umbinya sebagai bumbu masakan.

Manfaat kunyit ini sangat baik untuk menjaga kesehatan atau bisa juga mengobati penyakit.Manfaat tanaman kunyit  diantaranya adalah  bisa menjaga kesehatan pencernaan.

Selain untuk bumbu masakan kunyit jug bisa dimanfaatkan untuk bahan membuat jamu dan juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pewarna alami.

Disamping itu juga Kunyit Juga bis digunakan sebagai alat pendekteksi adanya borak pada makanan.Caranya umbi kunyit ditumbuk hingga halus lalu diperas diambil air saripatinya. 


Ambil selembar kertas yang berwarna putih lalu direndam kedalam air kunyit sehingga kertas berubah warna menjadi kuning.Lalu kertas dikeringkan,setelah kering kita ambil sample makanan yang kita curigai mengandung borak.

Makanan tersebut kita kita ekstrak, cairan hasil ekstrak tersebut kita teteskan pada kertas yang sudah berwarna kuning tersebut, jika warna kuning pada kertas tidak berubah maka makanan tersebut tidak mengandung borak, tetapi jika kertas berubah warna menjadi hitam berarti makanan tersebut mengandung borak.

Nama Latin atau nama Ilmiah dari Kunyit adalah Curcuma Longa, kunyit termasuk kedalam golongan jahe – jahean.Tanaman ini banyak sekali ditemui diwilayah Indonesia.


Pada musim hujan tanaman ini sangat subur sekali, pertumbuhan umbinya sangat cepat, pada musim kemarau daunnya mudah sekali layu dan mati, tetapi umbinya masih tetap ada, karena umbinya banyak mengandung air jadi bisa bertahan.

Kandungan yang ada pada tanaman kunyit diantaranya adalah Mengandung Minyak Atsiri yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron, Mengandung Zat Warna kurkuminoid, mengandung  Mineral, seperti magnesium, mangan, kalsium ,zat besi, Mengandung Glukosa, Fuktosa dan masih banyak lagi.


 Manfaat Kunyit diantaranya adalah


1.    Menjaga Kesehatan Pada Pencernaan


Dengan menambahkan bumbu kunyit pada makanan bisa membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Makanan yang kita makan bisa menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan, khasiat dari kunyit ini bisa mengurangi efek dari kerusakan ini,dengan cara meningkatkan lendir pada dinding lambung.


2.    Sebagai AntiInflamasi ( Peradangan )


Pembengkakan atau peradangan bisa kita obati dengan tanaman kunyit ini.Kandungan minyak pada kunyit berdasarkan penelitian bisa meningkatkan aktivitas anti inflamasi.Sehingga bisa mengobati radang atau pembengkakan.


3.    Sebagai Antioksidan yang Sangat Baik

Manfaat dari kunyit ini juga sangat baik sebagi sumber antioksidan.Antioksidan ini sangat berguna dalam melawan radikal bebas yang menjadi sumber kerusakan pada sel – sel tubuh kita.


4.    Mengurangi Nyeri Pada saat Haid

Kunyit yang sudah dibuat jamu sangatlah bermanfaat buat  wanita yang sedang haid.Karena Jamu kunyit bisa mengurangi rasa nyeri dan mempelancar  pada wanita yang sedang mengalami haid.


5.    Mencegah Kanker

Khasiat lainnya dari tanaman kunyit ini adalah bisa mencegah penyakit kanker.Kandungan Antioksidan Kurkumin yang ada pada kunyit bisa melindungi sel – sel tubuh yang rusak.

Antioksidan kurkumin ini berguna dalam menghancur kan bibit – bibit kanker sehingga tidak menyebar keseluruh tubuh.



6.    Meningkatkan Fungsi Hati


Kemampuan organ tubuh seperti hati ini berguna dalam mendetoksifikasi xenobiotik bahan – bahan yang beracun yang masuk kedalam tubuh Dengan mengkonsumsi kunyit maka bisa meningkatkan fungsi hati.



7.    Perlindungan Kardiovaskuler

Kunyit juga bisa menjadi perlindungan kardiovaskuler, yaitu perlindungan pada pembuluh darah.

Pembuluh darah yang tersumbat oleh kolesterol bisa menjadi penyebab penyakit stroke.Khasiat dari zat yang ada pada kunyit bisa membuang penumpukan kolesterol yang menyumbat pada pembuluh darah.

Kunyit Ternyata memiliki khasiat – khasiat yang sangat penting sekali buat kesehatan tubuh kita , kita sangat bersyukur dengan adanya Para Peneliti yang meneliti tentang manfaat dan kandungan dari berbagai jenis tanaman khususnya Kunyit ini.


Demikianlah artikel ini dibuat semoga menjadi pengetahuan buat kita semua.Amin

0 komentar

Posting Komentar