Senin, 09 Mei 2016

MANFAAT DAUN KEMANGI YANG AMPUH DALAM MENJAGA KESEHATAN

Manfaat Ampuh Daun Kemangi

Manfaat Daun Kemangi – Kemangi yang banyak kita temui pekarangan rumah atau banyak yang dijual dipasar tradisional ternyata memiliki manfaat yang ampuh dalam menjaga kesehatan kita.

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan diantaranya mengatasi radang, mengatasi batuk dan lain – lainnya.

Untuk mengetahui manfaat – manfaat lainnya dari Tanaman yang beraroma khas ini bisa disimak pada uraian dibawah, tetapi sebelum itu ada baiknya kita uraikan penjelasan selintas tentang tanaman kemangi tersebut, sebagai tambahan ilmu pengetahuan buat kita semua.

Daun kemangi sering kita manfaatkan sebagai lalapan dan sebagai bumbu masakan, kebiasaan tersebut ternyata sangat berguna untuk kesehatan kita, salah satunya bisa mengurangi bau mulut kalau kita buat lalapan.


Nama Latin dari daun kemangi adalah Ocimum tenuiflorum yang merupakan hibrida dari dua jenis selasih yaitu  Ocimum basilicum dan Ocimum americanum.

Ciri – ciri dari tanaman ini tumbuh dengan tegak, bercabang banyak, berwarna hijau dan berbau khas serta bisa tumbuh dengan ketinggian 100 cm.

Biasanya tanaman kemangi ini lebih subur kalau ditanam didataran rendah.Kandungan sitrat yang tinggi  di dalam kemangi membuat kemangi ini beraroma khas seperti aroma cengkeh.

Tanaman Kemangi ini banyak tersebar di daerah Asia Dan Amerika, berdasarkan penelitian kemangi memiliki berbagai macam kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.


Kandungan di dalam tanaman tersebut diantaranya adalah Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C ,Karbohidrat, Kalsium, Protein, Lemak , Zat Besi, Air serta senyawa – senyawa penting lainnya seperti Sitrat, Atsiri, Sineol, Zat Arigin, Zat Flavonoid, Zat Tritofan, Anetol , Boron , Betakarotin, Eugenol.


Manfaat Daun Kemangi yang Ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh kita, diantaranya sebagai berikut :



1.    Anti Radang

Khasiat tanaman kemangi sangat berguna untuk anti peradangan,hal ini dikarenakan kandungan zat yang bernama cineole, eugenol dan myrcene yang berada didalam kemangi.

Kandungan tersebut sangat berguna sebagai anti biotic alami dan antiperdangan.


2.    Membantu Perkembangan Tulang


Kemangi ternyata berguna juga sebagai elemen penting dalam membantu perkembangan tulang kita.Kandungan Kalsium dan Fosfor yang ada didalam kemangi ampuh untuk mengatasi tulang keropos.


3.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Khasiat lainnya dari kemangi adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.Hal ini dikarenakan kandungan  betakaroten yang ada didalam kemangi dapat meningkatkan antibodi, sehingga dapat mencegah penyakit yang menyerang tubuh.


4.    Menjaga Kesehatan Jantung


Kandungan dari Kemangi juga bisa menjaga kesehatan jantung kita, hal ini dikarenakan kandungan magnesium dan betakaroten yang merupakan zat yang sangat penting dan dibutuhkan oleh  jantung kita.


5.    Menjaga Kesehatan Mata Dan Mulut


Salah satu tanaman  yang dapat mengatasi bau mulut  adalah tanaman kemangi, selain itu juga bisa menjaga kesehatan mata kita.

Kandungan  Vitamin A yang ada di dalam tanaman kemangi sangat berguna dalam mengobati infeksi pada mata dan juga mengatasi bau mulut jika dikonsumsi secara teratur.


6.    Sebagai Anti inflamasi


Kandungan kalsium pada tanaman kemangi sangat berguna untuk menjaga agar tulang kita terhindar dari osteoporosis, selain itu juga beguna sebagai anti inflamasi yang ampuh dalam menyembuhkan bengkak dan radang pada sendi.


7.    Memperlambat Monopouse


Khasiat lainnya dari tanaman kemangi ini adalah bisa menunda monopouse, kandungan yang ada di dalam tanaman kemangi yang bernama Zat triptofan lah yang membantu dalam proses penundaan monopouse.


8.    Mengatasi Keputihan


Keputihan yang dialami oleh para wanita bisa diatasi juga dengan rutin mengkonsumsi tanaman kemangi, yaitu daunnya yang bisa dimakan sebagai lalapan atau dengan cara lainnya. 

Kandungan senyawa Eugenol didalam kemangi bisa membasmi jamur yang menjadi penyebab keputihan.


9.    Mengatasi Stroke


Stroke merupakan salah satu penyakit yang berbahaya.Tanaman Kemangi adalah salah satu cara mengatasi stroke dari sekian banyak obat – obatan lainya.

Kandungan isoflavon yang ada di dalam tanaman kemangi bisa meningkatkan Fungsi pembuluh darah nadi pada pasien stroke.


10.    Mengatasi Batuk Dan Filek


Kita semua pasti pernah mengalami yang namanya batuk dan filek, hanya dengan mengkonsumsi daun kemangi  sebagai lalapan ataupun kita buat sebagai wedang kemangi yang dicampur dengan teh bisa mengatasi batuk dan filek.

Kandungan dari tanaman kemangi bisa mencegah dari serangan bakteri yang menjadi penyebab batuk dan filek.

Jadi dengan rajin mengkonsumsi kemangi baik dengan cara menjadikannya sebagai lalapan ataupun minuman bisa menjaga kesehatan tubuh kita.


Khasiat ataupun manfaat dari tanaman kemangi seperti yang saya sebutkan diatas diantaranya adalah dapat mengatasi batuk dan filek, mengatasi stroke, mengatasi keputihan, memperlambat monopouse,  anti inflamasi, menjaga kesehatan mulut, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu perkembangan tulang dan anti radang.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga bisa menambah pengetahuan kita semua dan yang pasti bisa menjaga kesehatan tubuh kita.






0 komentar

Posting Komentar