Senin, 16 Mei 2016

Manfaat Buah Alpukat Yang Penting Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Buah Alpukat Yang Sangat Penting Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Alpukat – Buah Alpukat merupakan buah yan tidak asing lagi buat kita , karena sering kita jumpai dikebun – kebun ataupun dipasar – pasar.

Tetapi mungkin tidak banyak yang  tahu bahwa buah  ini memiliki manfaat atau pun khasiat penting buat menjaga kesehatan tubuh kita.

Sangat banyak sekali manfaatnya diantaranya sangat bermanfaat untuk ibu hamil, hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung asam Folat yang berguna untuk perkembangan janin.  

Salah satu cara mengkonsumsi buah ini adalah dengan menjadikannya Jus Buah sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Nama Latin atau Ilmiah dari Alpukat ini adalah Persea Americana,  tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah.Tanaman Alpukat ini sudah banyak dibudidayakan di Wilayah Asia tenggara khususnya Indonesia, selain bermanfaat buat kesehatan dan juga mempunyai nilai ekonomis.


Ciri – ciri dari Tanaman Alpukat ini memiliki kulit yang hijau tua hingga ungu kecoklatan,Daging Buah ini berwarna kuning yang dekat dengan biji, daging berwarna hijau yang  dekat kulit, memiliki biji berbentuk bulat.


Tanaman Alpukat ini bisa mencapai tinggi hingga 20 M dengan panjang daun sekitar 12 cm hingga 25 cm.Ukuran Buah tergantung jenis dan kesuburan tanah.

Kandungan Gizi pada Buah Alpukat adalah mengandung Antioksidan, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin E, Asam folat, Zat Besi, Potasium dan Lain- lain.




Manfaat Penting Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh Kita :



1.    Bermanfaat Untuk Ibu Hamil


Kesehatan Ibu hamil memang harus kita lebih perhatikan hal ini dikarenakan agar janin yang dikandung dan ibu yang hamil bisa selalu sehat.Salah satu buah – buahan yang baik untuk kita berikan pada ibu hamil adalah buah alpukat. 

Kandungan Asam Folat , Vitamin dan zat besi sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil.


2.    Menjaga Kesehatan Kulit


Radikal bebas menjadi salah satu penyebab kerusakkan pada kulit kita sehinga kulit kita menjadi keriput.

Kandungan Vitamin E yang ada pada Buah Alpukat bisa mengatasi epek dari radikal bebas yang mengenai kulit atau pun yang masuk kedalam tubuh.Dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat bisa membuat kulit kita menjadi sehat.


3.    Menurunkan Tekanan Darah


Kandungan mineral yang ada pada buah alpukat juga bisa berguna dalam menurunkan tekanan darah.Buah Alpukat mengandung lemak tak jenuh sehingga aman untuk dikonsumsi.


4.    Membuat Tubuh lebih Releks


Manfaat lainnya dari buah Alpukat adalah bisa membuat tubuh menjadi lebih releks.Kandungan Potasium yang ada didalam buah alpukat berkhasiat dalam mengurangi stress hingga tubuh menjadi releks.


5.    Baik untuk Kesehatan Mata


Kandungan Vitamin A pada buah alpukat berguna dalam menjaga kesehatan mata.Jadi harus diusahan rutin dalam mengkonsumsi buah ini bagi yang memiliki gangguan pada kesehatan mata.


6.    Sumber Antioksidan


Fungsi dari Antioksidan adalah melindungi sel – sel tubuh dari bahaya radikal bebas.Penyebab radikal bebas salah satunya  berasal polusi, baik dari asap rokok ataupun asap kendaraan bermotor.

Dengan Mengkonsumsi buah alpukat itu berarti kita membantu tubuh kita sendiri dalam melawan efek dari radikal bebas.


7.    Mencegah Anemia

Kurang darah atau yang sering kita sebut sebagai anemia bisa kita atasi dengan mengkonsumsi buah Alpukat.Kandungan zat besi dalam buah alpukat bisa membentuk sel darah merah baru.Sehingga penyakit anemia bisa kita cegah.


8.    Mengatasi Kulit Yang Pecah – pecah


Kekurangan Vitamin B6 bisa menyebabkan gangguan pada kulit berupa kulit menjadi terlihat pecah – pecah.Dengan Mengkonsumsi buah alpukat masalah tersbut bisa kita atasi.


9.    Menjaga Suhu Tubuh

Kandungan lemak pada buah alpukat yang kita konsumsi bisa menjaga tubuh kita dalam melawan suhu dingin.

Buah alpukat memang merupakan tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan seperti yang saya sebutkan diatas, rasanya yang enak dan tekstur dagingnya yang lembut membuat kita  ketagihan dalam mengkonsumsinya.


Demikianlah artikel ini dibuat semoga bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan buah kita semua.Amin

0 komentar

Posting Komentar