Selasa, 17 Mei 2016

Daun Sirih Yang Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan

Daun Sirih Yang Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan



Manfaat Daun Sirih

Daun sirih yang sering kita lihat menjalar dikebun- kebun atau pun yang banyak di jual dipasar tradisional ternyata memiliki khasiat atau pun manfaat buat kesehatan tubuh kita.

Manfaat yang bisa kita gunakan diantaranya adalah untuk mengobati mimisan.  Mimisan atau darah yang sering keluar melalui hidung sangatlah ampuh di obati dengan daun sirih.

Disamping itu juga daun sirih sering digunakan oleh masyarakat tradisional yang disebut nyirih, yaitu daun yang dicampur dengan buah pinang, cengkeh, dan lain – lain lalu dikunyah tetapi tidak ditelan.

Kebiasaan Nyirih ini memiliki manfaat untuk kesehatan juga, karena bisa menguatkan gigi, mencegah sariawan.Tetapi kebiasaan ini hanya digunakan oleh masyarakat di pedesaan khususnya wanita yang sudah lansia.

Nama Latin
atau Ilmiah dari daun sirih ini adalah Piper Betle, Tanaman sirih ini banyak tumbuh diwilayah asia tenggara khususnya Indonesia.Tanaman sirih ini lebih banyak digunakan daunnya terutama dalam acara adat Melayu.


Ciri – Ciri Tanaman sirih
ini hidupnya merambat, biasanya sering merambat pada suatu pohon, memiliki daun yang berwarna hijau dan beruas.Daun sirih berbentuk jantung yang berujung runcing , bertangkai, memiliki bau khas yang bisa kita remas , panjangnya sekitar 5 -8 cm dan lebar 2 - 5 cm.


Bunganya berbentuk majemuk berbentuk bulir, memiliki akar tungang berwarna coklat agak kekuning – kuningan.

Kandungan Tanaman sirih, Tanaman sirih Memiliki kandungan penting diantaranya adalah Minyak Atsiri, kavikol yang berguna untuk mematikan kuman, antioksidasi,anti jamur.


Manfaat Penting Tanaman Sirih Buat kesehatan Tubuh kita :



1.    Mengobati Mimisan


Penyebab mimisan dikarenakan pecahnya pembuluh darah dekat hidung yang salah satunya disebabkan Iritasi. 

Khasiat dari daun sirih bisa ampuh dalam mengatasi mimisan, caranya adalah ambil satu lembar daun sirih lalu diremas tapi jangan sampai hancur dan setelah itu digulung lalu disumbatkan pada hidung  hingga darah tidak keluar lagi.



2.    Mengobati Luka Bakar


Luka bakar yang  kita alami bisa kita atasi dengan daun sirih.Caranya dengan mengambil beberapa  lembar daun sirih  lalu diremas dan ditambahi madu setelah itu dioleskan pada luka bakar.


3.    Melancarkan Haid Yang tidak teratur pada wanita


Khasiat dari daun  sirih bisa melancarkan haid yang tidak teratur pada wanita dan juga bisa membuat area kewanitaan menjadi lebih harum,dan bisa membuat area kewanitaan menjadi lebih sehat.hal ini dikarenakan kandungan antiseptik yang ada pada daun sirih.

Caranya dengan membuat rebusan daun sirih untuk diminum.


4.    Mengobati Sakit Mata


Sakit Mata yang sering kita alami bisa diatasi dengan daun sirih.Caranya dengan membuat rebusan daun sirih setelah dingin air rebusan daun sirih itu diteteskan dengan mata yang sakit.


5.    Mengatasi Koreng atau gatal – gatal pada kulit


Antiseptik yang ada pada tanaman sirih sangat berguna untuk mengatasi koreng atau gatal – gatal pada kulit.Caranya dengan mengunakan air rebusan daun sirih yang sudah dinginkan lalu dimandikan atau disiram pada kulit yang terkena koreng atau gatal – gatal.


6.    Menghilangkan Bau Badan


Bagian  tubuh yang sering mengeluarkan bau badan adalah ketiak.Untuk mengatasinya bisa kita gunakan daun sirih yang sudah diremas lalu diusapkan pada ketiak, selain bisa mengatasi bau yang tidak sedap daun sirih juga bisa membunuh kuman – kuman penyakit yang ada pada daerah ketiak.

Tetapi jika seluruh tubuh kita mengeluarkan bau lebih baik kita gunakan air rebusan sirih untuk diminum.


7.    Mengobati Bronkitis


Khasiat atau manfaat lainnya dari daun sirih adalah bisa mengatasi penyakit paru – paru. 

Caranya adalah dengan membuat rebusan daun sirih, ambil sekitar 7 lembar daun sirih yang dicampur dengan gula batu.Lalu direbus dengan dua gelas air putih sampai tersisa satu gelas air putih, lalu dirutinkan untuk diminum setiap hari 2 - 3 gelas sehari.

Daun sirih ini memang sangat bermanfaat buat kesehatan tubuh kita, jadi tidaklah sia – sia diciftakan Oleh Sang Maha Pencifta karena kandungannya sangatlah bermanfaat seperti yang saya sudah uarikan diatas.


Bicara masalah daun, ternyata ada jenis daun tanaman yang juga berguna dan bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan tubuh kita, terutama menjaga kesehatan tubuh anak.

Daun yang saya maksud adalah daun dari tanaman meniran.Kalau dahulu mungkin orang menggunakan khasiat daun meniran secara langsung, misalnya diperas untuk diambil saripatinya, namun sekarang ini daun tanaman meniran sudah diextrak menjadi kapsul dan sirup.

Kapsul dan sirup dari tanaman meniran ini, sudah tersedia dengan nama " Stimuno ", Stimuno cocok untuk Balita.

Demikaian lah artikel singkat ini dibuat semoga bisa menambah wawasan kita semua.

2 komentar:

  1. Di kampung saya banyak daun siri, ternyata banyak juga manfaatnya. Tks

    BalasHapus
  2. yach ,,,sama2 semoga banyak membantu.

    BalasHapus